.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}
Latest Movie :

Kliping Sumber daya manusia yang tak terbarukan

Di sini saya mau menulis tentang kliping Sumber Daya Manuasia yang tak terbarukan
 



Sumber Daya Manusia yang Tak Terbarukan
Energi Tak Terbarukan adalah energi yang diperoleh dari sumber daya alam yang waktu pembentukannya sampai jutaan tahun. Dikatakan tak terbarukan karena, apabila sejumlah sumbernya dieksploitasikan, maka untuk mengganti sumber sejenis dengan jumlah sama, baru mungkin atau belum pasti akan terjadi jutaan tahun yang akan datang. Hal ini karena, disamping waktu terbentuknya yang sangat lama, cara terbentuknya lingkungan tempat terkumpulkan bahan dasar sumber energi inipun tergantung dari proses dan keadaan geologi saat itu.
Contoh dari Energi tak terbarukan yang sangat dikenal, yaitu minyak bumi. Dari cara terbentuknya, Minyak bumi atau minyak mentah merupakan senyawa hidrokarbon yang berasal dari sisa-sisa kehidupan purbakala (fosil), baik berupa hewan, maupun tumbuhan.
Energi Tek Terbarukan disamping ketersediaannya saat ini terbatas dan suatu saat bisa habis juga menimbulkan dampak yang buruk bagi lingkungan dan manusia.
Dampak yang ditimbulkan dari pemanfaatan sumber Energi Tak Terbarukan :
Polusi Udara ( asap dari pembakaran )
Polusi Laut dan lingkungan (Limbah sisa buangan )
Kerusakan hutan ( karena ekplorasi )
Pemanasan Global
Kerusakan lapisan ozon
Hujan asam
Efek dari semua dampak yang ditimbulkan dari penggunaan sumber Energi Tak Terbarukan adalah bencana alam (seperti banjir,tanah longsor), iklim yang tidak menentu,hasil laut terkontaminasi limbah sehingga terjadilah krisis umat manusia.
Energi Terbarukan
Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari alam seperti cahaya matahari, angin, tenaga air, tenaga gelombang dan geothermal yang dapat diperbarui secara alamiah. Alam menyediakan berbagai sumber energi ini dalam jumlah yang sangat besar karena hampir selalu ada dan siap diolah menjadi sumber energi.
Dengan kata lain persediaan sumber Energi Terbarukan tidak akan habis.
Energi terbarukan antara lain sebagai berikut :
Solar cell 
Adalah teknologi merubah cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan photovoltaics . Secara umum cara penggunaan tenaga matahari ini dibagi dua yaitu aktif dan pasif. Penggunaan secara aktif yaitu menggunakan teknologi panel photovoltaic atau panel tenaga surya untuk mengumpulkan energi listrik. Sementara cara penggunaan secara pasif adalah dengan cara mengatur arah bangunan, menggunakan material yang menyerap panas dan desain bangunan yang secara alami memperlancar sirkulasi udara didalam bangunan.
Energi Matahari telah dimanfaatkan di beberapa wilayah di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan wlayah timur Indonesia. Sebagian besar dari pembangunan tersebut berupa proyek-proyek percontohan


Wind power 
Atau tenaga angin dapat digunakan juga untuk menghasilkan listrik dengan menggunakan kincir angin. Kincir angin yang modern rata-rata berkapasitas antara 600kW sampai 5MW. Lokasi yang tepat untuk mendapatkan energy ini adalah didaerah yang berangin kencang dan konstan seperti daerah pantai atau daerah dataran tinggi.
Pembangkit Listrik Tenaga Bayu ( PLTB ).Energi angin banyak diterapkan di daerah pantai, seperti di Jepara, pulau Lombok, Sulawesi dan Bali, Kepulauan Seribu,Pulau Gili Iyang-sebelah Timur P.Madura


Hydropower 
Atau tenaga air juga dapat digunakan untuk menghasilkan listrik dengan menggunakan kincir air yang dewasa ini disebut dengan hydroelectric. Kalau listrik yang dihasilkan tidak terlalu besar, teknologi yang digunakan disebut microhydro, listrik dari cara ini maksimal menghasilkan 100kW. Teknologi damless hydro adalah system penghasil listrik yang menggunakan energy kinetic dari aliran sungai atau gelombang laut tanpa menggunakan dam. Ocean energy yaitu energy dari laut atau samudra. Dalam hal ini termasuk marine current power, ocean thermal energy ada tidal power.


Pembangkit Listrik Tenaga Air, sudah banyak dilaksanakan contoh:. PLTA Sigura-gura-Sumatera Utara,PLTA Asahan-Sumatera utara,PLTA Jatiluhur-Jawa Barat,PLTA Gajah Mungkur-Jawa Tengah danlain-lain.
Biomass (Plant Material)
Adalah sumber renewable energy atau energi terbarukan karena energi ini berasal dari matahari. Melalui proses photosintesa, tanaman menangkap tenaga matahari . Dalam hal ini biomass berfungsi sebagai aki tempat penyimpanan energy surya.

Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa Sawit ( PLTBS ) dibangun di Sei mengkei (Simalungun) Sumatera Utara.
Liquid biofuel 
Atau bahan bakar bio terbagi menjadi dua yaitu bioalcohol (bioethanol) dan biodiesel. Bioethanol adalah alcohol yang didapat dari proses fermentasi gula yang ada pada tanaman.



Energy geothermal 
Adalah energi yang dihasilkan  dengan cara mengambil panas bumi. Ada 3 macam power plants yang digunakan untuk mendapatkan energi dari energi geothermal, yaitu dry steam, flash, dan binary. Dry steam plants mengambil uap panas bumi dan langsung digunakan untuk menggerakan turbin yang memutar generator penghasil listrik. Flash plants mengambil air panas, biasanya bersuhu lebih dari 200 derajat C, dari tanah yang kemudian mendidih pada saat naik ke permukaan dan kemudian dipisahkan antara air panas dan uap panas yang dialirkan ke turbin. Untuk binary plants, air panas mengalir melalui heat exchangers, mendidihkan cairan organic yang memutarkan turbin. Uap panas yang dimampatkan dan sisa dari cairan geothermal dari ketiga cara diatas disuntikkan lagi ke batuan panas agar menghasilkan panas lagi.
Geothermal/Panas Bumi ( PLTP ) dibangun di Kamojang-Jawa Barat, Gunung Salak (Chevron)-Jawa Barat,Ulubelu-Lampung,Darajat-Garut-Jawa Barat,Dieng-Jawa Tengah,Wayang Windu-Jawa Barat dan lain-lain. 
 

Keuntungan Energi Terbarukan :
Tersedia secara melimpah.
Lestari dan tidak akan habis.
Ramah lingkungan ( rendah atau tidak ada limbah dan polusi )
Sumber energi bisa dimanfaatkan secara cuma-cuma dengan investasi teknologi yang sesuai.
Tidak memerlukan perawatan yang banyak dibandingkan dengan sumber-sumber energi konvensional dan     mengurangi biaya operasi.
“Mandiri energi” – tidak perlu mengimpor bahan bakar fosil dari Negara ketiga.
Beberapa teknologi mudah digunakan ditempat-tempat terpencil.
Distribusi, energi bias diproduksi diberbagai tempat tidak tersentralisir. 

Sekian la tulisan saya ini                                 
 





Artikel Terkait
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog lussy Chandra - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger