.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}
Latest Movie :

Makalah Sepak bola



KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang mana telah memberikan saya kesehatan dan kesempatan sehingga saya mampu menyelesaikan makalah yang berjudul OLAHRAGA DAN KESEHATAN  ini .
Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Ilham selaku Guru Olahraga yang telah memberikan saya kesempatan untuk menyusun serta menyelesaikan makalah ini.
Makalah ini berisi tentang beberapa jenis olahraga di dunia beserta teknik-teknik permainannya. Juga membahas tentang  manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh.
Semoga  makalah ini dapat bermanfaat  bagi siapa  saja  yang  membacanya. Dan saya memohon  kritik serta saran yang dapat membangun untuk perbaikan kedepannya.


Lhokseumawe, 10 Februari 2013


DAFTAR ISI

Kata Pengantar………………………………………………………………..……..        i
Daftar Isi ……………………………………………………………………..……...        ii
BAB I : PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang ………………………………………………..…………       1
1.2   Rumusan Masalah …………………………………………………..…..        2
1.3   Tujuan Penulisan …………………………………………………….......       2
1.4   Manfaat Penulisan ………………………………………………..……..       2
BAB II : LANDASAN TEORI
2.1   Sejarah Sepak Bola …………………………………...………….…….         3
2.2   Sejarah Bola Voli… …………………………………...………….…….        4
2.3   Sejarah Bola Basket …………………………………...………….…….        5
2.4   Sejarah Badminton …………………………………...………….…….         6
2.5   Sejarah Atletik …… …………………………………...………….…….       6
BAB III : PEMBAHASAN
3.1   Olahraga Sepak Bola …………………………………………….……....      7
3.2   Olahraga Bola Voli……………………………………………….……....      9
3.3   Olahraga Bola Basket…………………………………………….……....      14
3.4   Olahraga Badminton …………………………………………….……....       15
3.5   Olahraga Atletik ………………………………………………….……....     17
3.6   Manfaat Olahraga bagi Kesehatan ……………….…………….……....         21

BAB IV : KESIMPULAN dan SARAN
4.1   Kesimpulan ……………………………………...………………………..     23
4.2   Saran ……………………………………………………………………...     23
DAFTAR PUSTAKA ………………………………...……………………….............    24


BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
Olahraga merupakan alat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan fungsional jasmani, rohani dan sosial. Struktur anatomis-anthropometris dan fungsi fisiologisnya, stabilitas emosional dan kecerdasan intelektualnya maupun kemampuannya bersosialisasi dengan lingkungannya nyata lebih unggul khususnya pada generasi muda yang aktif mengikuti kegiatan Olahraga dari pada yang tidak aktif mengikutinya.
Olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana untuk memelihara gerak dan meningkatkan kemampuan gerak (meningkatkan kualitas hidup). Seperti halnya makan, Olahraga merupakan kebutuhan hidup yang sifatnya periodik; artinya Olahraga sebagai alat untuk memelihara dan membina kesehatan, tidak dapat ditinggalkan. Olahraga merupakan alat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani, rohani dan sosial.
Olahraga terdiri dari berbagai jenis dan dapat dilakukan dengan cara apa saja, mulai dari yang ringan seperti jogging, sampai yang  berat seperti Lari Maraton. Beberapa jenis olahraga juga dapat dilombakan dimana perlombaannya memiliki aturan-aturan main yang tidak boleh dilanggar.
Walaupun olahraga itu penting, tetapi masih banyak orang yang belum menyadarinya. Banyak penyakit yang bersumber dari pola hidup yang salah, seperti kurang bergerak dan berolahraga, serta kurang istirahat dan lupa makan. Orang-orang beralasan, mereka terlalu sibuk untuk berolahraga. Padahal olahraga sangat dibutuhkan. Olahraga juga dapat menghilangkan stres. Yoga misalnya, olahraga ini dapat menimbulkan ketenangan batin.

1.2     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
1.      Apa saja jenis-jenis olahraga dan bagaimana teknik permainannya?
2.      Bagaimana hubungan olahraga dengan kesehatan?

1.3     Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui dan memahami lebih dalam beberapa  jenis olahraga dan bagaimana hubungannya dengan kesehatan kita.

1.4     Manfaat Penulisan
Dengan menyusun tulisan ini, saya menjadi tahu jenis-jenis olahraga dan bagaimana teknik-teknik permainannya. Saya juga menjadi lebih paham bahwa olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani.


BAB II
LANDASAN TEORI

2.1     Sejarah Sepak Bola
Sepakbola adalah hasil proses panjang peradaban yang bisa ditelusuri di banyak tempat di bumi sejak sebelum Masehi. Permainan bola itu sudah amat tua. Era Mesir purba, misalnya, sudah mengenal bola dengan kain linen. Ini masih tersimpan di museum Inggris. Berbagai relief dinding di museum menunjukkan, permainan bola juga sudah dikenal di peradaban Yunani purba disebut episcuro.
(Sumber: http://kumpulan-makalah-dan-artikel.blogspot.com/2012/09/ makalah-tentang-sepak-bola.html )

Pada relief itu terlukis anak muda memegang bola bundar dan memainkannya dengan paha. Sekitar abad kedua, episcuro hijrah ke Roma dan peradaban Romawi menyebutnya harpastum. Konon Julius Caesar suka permainan itu. Tapi Horatius dan Virgilius meremehkannya. Ovidius menyebut permainan itu brutal kasar mendekati biadab, maka tak cocok buat perempuan. Sampai abad ke-9 para intelektual era Yunani-Romawi tak sudi menyebut-nyebut permainan bola, karena dianggap tidak bermutu. 
(Sumber: http://kumpulan-makalah-dan-artikel.blogspot.com/2012/09/ makalah-tentang-sepak-bola.html )


Tapi politik kolonial Romawi dalam rangka meluaskan kekuasaannya membawa serta permainan itu, sebagai “barang’’ sampingan, ke Eropa luar daratan alias Inggris. Jadi, bahkan hanya dalam bingkai Eropa dan sekitarnya, bola itu ternyata budaya impor bagi Inggris.
(Sumber: http://kumpulan-makalah-dan-artikel.blogspot.com/2012/09/ makalah-tentang-sepak-bola.html )


2.2     Sejarah Bola Voli
William G. Morgan  adalah tokoh asal Amerika Serikat yang dikenal sebagai pencipta olahraga bola voli. Morgan muda kuliah di Springfield College yang dikelola YMCA (Young Men’s Christian Association). Di sana ia bertemu dengan James Naismith yang pada tahun 1891 menciptakan olahraga bola basket. Setelah lulus, pada tahun 1895 ia mulai bekerja sebagai Direktur Pendidikan Jasmani di YMCA di Massachusetts. Di sana ia menciptakan permainan bernama Mintoinette yang dirancang tidak seberat basket agar cocok dimainkan orang-orang yang lebih tua.
(Sumber: http://kumpulan-makalah-dan-artikel.blogspot.com/2012/09/ makalah-olahraga-bola-voli-volley-ball.html )

Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Dalam kesempatan itu, Morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa.
(Sumber: http://kumpulan-makalah-dan-artikel.blogspot.com/2012/09/ makalah-olahraga-bola-voli-volley-ball.html )
Atas saran dari Profesor Alfred T. Halstead yang juga menyaksikan dan memperhatikan demonstrasi serta penjelasan Morgan, nama Mintonette-pun berubah menjadi Volleyball (bola voli). Nama Volleyball dipilih berdasarkan gerakan-gerakan utama yang terdapat pada permainan tersebut, yaitu gerakan memukul bola sebelum bola tersebut jatuh ke tanah (volley). (Sumber: http://kumpulan-makalah-dan-artikel.blogspot.com/2012/09/ makalah-olahraga-bola-voli-volley-ball.html )


2.3     Sejarah Bola Basket
Basket dianggap sebagai olahraga unik karena diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang guru olahraga. Pada tahun 1891, Dr. James Naismith, seorang guru Olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA di Springfield, Massachusetts, beliau membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswanya pada masa liburan musim dingin di New England. Karena terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Dr. James Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada tanggal 15 Desember1891. (Sumber: http://arashikensho.blogspot.com/2011/03/ makalah-tentang-olahraga-bola-basket.html )

Pertandingan resmi bola basket yang pertama, diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 1892 di tempat kerja Dr.James Naismith. Basket adalah sebutan yang diucapkan oleh salah seorang muridnya. Olahraga ini pun menjadi segera terkenal di seantero Amerika Serikat. Penggemar fanatik ditempatkan di seluruh cabang di Amerika Serikat. Pertandingan demi pertandingan pun segera dilaksanakan di kota-kota di seluruh negara bagian Amerika Serikat.
2.4     Sejarah Badminton
Bulutangkis meskipun dikenal sebagai permainan yang dilahirkan di Poona India, dipopulerkan di Inggris setelah dia menjadi permainan orang kelas atas. Nama badminton sendiri diambil dari nama wilayah tanah pertanian milik bangsawan Inggris, kemudian ini yang menjadi nama ajang pertandingan. Di Indonesia permainan ini diduga masuk lewat orang Eropa yang membawanya ketika mereka datang ke mari. Indonesia sendiri mulai berkiprah di tingkat internasional ketika Tan Joe Hol menjadi juara All England tahun 1957. (Sumber: http://ahmadps.blogspot.com/2010/06/ makalah-bulutangkis.html )

2.5     Sejarah Atletik
Atletik adalah cabang olahraga yang mendasari dari semua cabang olargara yang lain, Atletik mempunyai karakteristik gerakan yang paling dasar yang menjadi kebiasaan kita sehari-hari seperti contoh : Berjalan, berlari, melompat dan melempar. Gerakan-gerakan tersebut adalah gerakan alami.
(Sumber: http://pendidikanjasmanirafi.blogspot.com/2012/11/rafi-darwis.html )

Kata atletik berasal dari bahasa Yunani "athlon" yang berarti "kontes". Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). (Sumber: http://pendidikanjasmanirafi.blogspot.com/2012/11/rafi-darwis.html )




BAB III
PEMBAHASAN

3.1     Olahraga Sepak Bola
Sepak bola adalah salah satu olahraga yang sangat populer di dunia. Dalam pertandingan, olahraga ini dimainkan oleh dua kelompok berlawanan yang masing-masing berjuang untuk memasukkan bola ke gawang kelompok lawan. Masing-masing kelompok beranggotakan sebelas pemain, dan karenanya kelompok tersebut juga dinamakan kesebelasan. Sang penjaga gawang diperbolehkan untuk mengambil bola dengan tangan atau lengannya di dalam kotak penalti di depan gawangnya.
Wasit yang memimpin pertandingan sejumlah 1 orang dan dibantu 2 orang sebagai hakim garis. Kemudian dibantu wasit cadangan yang membantu apabila terjadi pergantian pemain dan mengumumkan tambahan waktu.
Lama permainan sepak bola normal adalah 2×45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit (kadang-kadang 10 menit). Jika kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti.
Peraturan resmi sepak bola adalah:
• Offside
• Pelanggaran
• Tendangan Bebas
• Tendangan penalti
• Lemparan Dalam
• Tendangan Gawang
• Tendangan Sudut
Untuk bermain bola dengan baik, pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik. Pemain yang memiliki teknik dasar yang baik cenderung dapat bermain sepakbola dengan baik pula. Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepakbola adalah :
1.         Menendang ( kicking )
Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan sepakbolayang paling dominan. Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan ( passing ), dan menembak kearah gawang ( shootig at the goal ). Dilihat dari perkenaan bagian kaki ke bola, menendang dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu Menendang dengan kaki bagian dalam, Menendang dengan kaki bagian luar, dan menendang dengan punggung kaki.

2.         Menghentikan Bola ( Stopping )
Menghentikan bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepakbola yang penggunaanya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuan menghentikan bola adalah untuk mengontrol bola, yang termasuk didalamnya adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk passing.

3.         Menggiring Bola
Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang terputus – putus atau pelan, oleh karenanya bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Menggiring bola bertujuan antara lain untuk mendekati jarak kesasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan.

Adapun taktik yang dipakai oleh sebuah tim selalu berubah tergantung dari kondisi yang terjadi selama permainan berlangsung. Pada intinya ada tiga taktik yang digunakan yaitu bertahan, menyerang, dan normal.


3.2      Olahraga Bola Voli
Teknik dasar permainan bola voli :
1.         Servis
Teknik dasar pertama yang dikenal dalam permainan bola voli adalah teknik melakukan servis. Secara sederhana, teknik servis pada bola voli adalah pemain berdiri di belakang garis belakang lapangan, melemparkan bola ke udara, kemudian memukul bola tersebut ke arah lapangan atau area lawan. Meskipun terdengar sederhana, namun pada pelaksanaan teknik ini juga ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian.

Tujuan melakukan servis adalah semaksimal mungkin mengarahkan dan menjatuhkan bola pada area lawan yang kosong atau terlihat lemah, sehingga tidak dapat diterima oleh tim lawan. Atau, mengarahkan bola ke area lawan dengan keras dan kecepatan yang tinggi, sehingga tim lawan tidak mampu menahan atau mengendalikannya, dan diharapkan bola tersebut akan keluar lapangan setelah tersentuh pemain lawan.




Teknik servis dalam  permainan bola voli telah berkembang menjadi 9 macam, yaitu:
a.       Underhand dan Overhand Serve (Servis atas dan servis bawah)
Underhand serve adalah melakukan servis atau memukul bola dari bawah, yaitu pada ketinggian sekitar area pinggang pemain. Underhand serve ini merupakan salah satu teknik servis yang termudah, dan juga sebagai salah satu servis yang sangat mudah diterima oleh tim lawan. Maka dari itu, teknik Underhand serve ini jarang sekali digunakan pada kejuaraan tingkat tinggi.

Sedangkan Overhand serve adalah teknik servis yang dilakukan dari atas, yaitu dengan cara melemparkan bola ke udara kemudian memukulnya setelah bola tersebut kembali turun mencapai ketinggian di atas bahu pemain.

b.      Sky Ball Serve
Sky ball serve adalah sejenis teknik servis underhand yang biasa dipergunakan dalam permainan bola voli pantai. Dalam Sky ball serve, hasil pemukulan bola (servis) dibuat melambung sangat tinggi, dan kemudian bola tersebut akan turun kembali dengan gerakan yang hampir membentuk garis lurus. Saat ini, jenis teknik servis tersebut sudah dianggap sangat kuno, sehingga sangat jarang dipergunakan lagi.

c.       Line dan Cross_Court serve
Untuk membedakan kedua jenis servis ini dapat dilihat dari arah gerakan bola yang menyeberang ke area lawan. Dalam hal ini, arah gerakan bola dapat dibedakan menjadi dua, yaitu menyilang dan lurus sejajar dengan garis memanjang pada lapangan bola voli.


d.      Top Spin
Top Spin merupakan salah satu jenis Underhand serve. Dalam teknik servis ini, bola yang dipukul mengenai bagian telapak tangan sekaligus pergelangan tangan. Dengan teknik ini, bola akan melesat ke area lawan dengan berputar. Putaran tersebut akan membuat bola melesat dan jatuh ke area lawan dengan cepat, tajam, dan keras.

e.       Floater
Teknik servis Floater dapat dilakukan dengan cara melompat maupun hanya dengan berdiri saja. Pada jenis teknik Overhand serve ini, bola yang dipukul tidak berputar. Servis akan melesat ke area lawan tanpa gerakan berputar pada bola. Meskipun demikian, teknik servis ini akan menghasilkan gerakan bola yang tidak dapat diprediksi oleh tim lawan.

f.       Jump Serve
Teknik Jump serve ini adalah salah satu jenis teknik servis yang paling populer dan paling banyak digunakan di kalangan tim bola voli tingkat perguruan tinggi maupun profesional. Teknik Jump serve ini juga masih termasuk dalam kategori teknik Overhand serve. Pemain yang akan melakukan Jump serve akan melempar bola tinggi ke udara, setelah sebelumnya melakukan persiapan di luar garis belakang lapangan.

g.      Jump Float
Salah satu jenis servis yang juga populer di kalangan pemain bola voli tingkat perguruan tinggi dan profesional adalah Jump float. Teknik Jump float ini hampir sama dengan teknik Jump serve dan floater. Pada teknik ini, pemain akan melempar bola ke udara dengan ketinggian yang lebih rendah dari teknik Top spin jump serve. Sedangkan kontak dengan bola (pemukulan) tetap dilakukan di udara.
h.      Round-House Serve
Pada teknik Round-House serve, pemain yang akan melakukan servis berdiri di luar garis belakan lapangan, dengan posisi salah satu bahu menghadap ke arah net. Setelah itu, bola dilempar tinggi ke udara dan dipukul dengan menggunakan gerakan lengan yang berputar dengan cepat. Pemukulan pada bola dilakukan dengan menggunakan telapak tangan. Hal ini akan memberikan hasil servis dengan putaran bola yang tinggi.

i.        Hybrid Serve
Salah satu kategori teknik Overhand serve yang lain adalah Hybrid serve. Pada dasarnya, teknik Hybrid serve sama dengan teknik Top spin serve. Teknik Hybrid serve ini juga akan menghasilkan servis dengan arah gerakan yang sangat sulit untuk diprediksi oleh tim lawan.

2.         Pass/Passing
Salah satu teknik dasar dan vital yang lain, yang juga wajib dikuasai oleh setiap pemain bola voli adalah teknik pass. Tanpa adanya penguasaan teknik pass yang baik, maka sebuah tim tidak akan mampu menghadapi pertandingan dengan baik. Karena, pass adalah langkah awal yang akan menentukan kemampuan sebuah tim untuk bertahan dan melakukan penyerangan. Dengan adanya penguasaan teknik pass yang baik, maka seorang setter akan lebih mudah dalam menyesuaikan arah dan tinggi bola yang akan diset. Dengan demikian, sang attacker-pun akan dapat melakukan spike secara maksimal.

Pass yang baik, bukanlah pass yang hanya mampu mencegah bola agar tidak jatuh atau menyentuh area timnya, tetapi juga harus mampu mencapai posisi setter dengan arah yang tepat, serta dengan gerakan dan kecepatan yang stabil. Dengan demikian, sang setter dan attacker akan mampu menciptakan berbagai variasi serangan dengan mudah.
3.         Smash
Proses melakukan smash dapat dibagi menjadi :
a.    Awalan
Berdiri dengan salah satu kaki dibelakang sesuai dengan kebiasaan individu (tergantung smasher normal atau smasher kidal). Langkahkan kaki satu langkah kedepan (pemain yang baik, dapat mengambil ancang-ancang  sebanyak 2 sampai 4 langkah), kedua lengan mulai bergerak kebelakang, berat badan berangsur-angsur merendah untuk membantu tolakan.

b.   Tolakan
Langkahkan kaki selanjutnya, hingga kedua telapak kaki hampir sejajar dan salah satu kaki agak kedepan sedikit untuk mengerem gerak kedepan dan sebagai persiapan meloncat kearah vertical. Ayunkan kedua lengan kebelakang atas sebatas kemampuan, kaki ditekuk sehingga lutut membuat sudut ±110º, badan siap untuk meloncat dengan berat badan lebih banyak bertumpu pada kaki yang didepan.

c.    Meloncat
Mulailah meloncat dengan tumit & jari kaki menghentak lantai dan mengayunkan kedua lengan kedepan atas saat kedua kaki mendorong naik keatas. Telapak kaki, pergelangan tangan, pinggul dan batang tubuh digerakkan serasi merupakan rangkaian gerak yang sempurna. Gerakan eksplosif dan loncatan vertikal.



d.   Memukul Bola
Jarak bola didepan atas sejangkauan lengan pemukul, segera lecutkan lengan kebelakang kepala dan dengan cepat lecutkan kedepan sejangkauan lengan terpanjang dan tertinggi terhadap bola. Pukul bola secepat dan setinggi mungkin, perkenaan bola dengan telapak tangan tepat diatas tengah bola bagian atas. Pergelangan tangan aktif menghentak kedepan dengan telapak tangan dan jari menutup bola. Setelah perkenaan bola lengan pemukul membuat gerakan lanjutan kearah garis tengah badan dengan diikuti gerak tubuh membungkuk.

e.    Mendarat
Mendarat dengan kedua kaki mengeper. Lutut lentur saat mendarat untuk meredam perkenaan kaki dengan lantai, mendarat dengan jari² kaki (telapak kaki bagian depan) dan sikap badan condong kedepan. Usahakan tempat mendarat kedua kaki hampir sama dengan tempat saat meloncat.

3.3     Olahraga Bola Basket
Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri dari dua tim yang beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang milik lawan. Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena bisa dilakukan di ruang  terbuka dan di ruang tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu, bola basket mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang besar, sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut.

Wasit yang memimpin terdiri dari 2 orang yang selalu berganti posisi. Waktu bermain yang resmi adalah 2 x 20 menit, tidak termasuk masa istirahat 10 menit, time out, dua kali untuk masing-masing regu tiap babak selama 1 menit, saat pergantian pemain dan atau peluit dibunyikan wasit karena bola ke luar lapangan atau terjadi pelanggaran/kesalahan seperti foul dan travelling. Apabila dalam pertandingan resmi (bukan pertandingan persahabatan) terjadi pengumpulan angka sama, waktu diperpanjang sekian babak (tiap 5 menit) sampai terjadi perbedaan angka.

Secara garis besar permainan bola basket dilakukan dengan mempergunakan tiga unsur teknik yang menjadi pokok permainan, yaitu : menggiring bola (dribbling), mengoper dan menangkap bola (pasing and catching), serta menembak (shooting). Ketiga unsur teknik tersebut berkembang menjadi beberapa teknik lanjutan yang memungkinkan permainan bola basket hidup dan bervariasi.


3.4     Olahraga Badminton
Bulutangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang atau dua pasangan yang berlawanan. Mirip dengan tenis, bulutangkis dimainkan dengan pemain di satu sisi bertujuan memukul bola permainan (shuttlecock) melewati net agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan.

Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulutangkis, yaitu sebagai berikut :
a.          Tunggal putra
b.         Tunggal putri
c.          Ganda putra
d.         Ganda putri
e.          Ganda campuran

Teknik dasar bermain badminton yaitu :
1.    Pegangan Raket (Grip)
Pada dasarnya, dikenal beberapa cara pegangan raket. Namun, hanya dua bentuk pegangan yang sering digunakan dalam praktek, yaitu cara memegang raket forehand dan backhand. Semua jenis pukulan dalam bulutangkis dilakukan dengan kedua jenis pegangan ini.

2.    Footwork
Footwork merupakan dasar untuk bisa menghasilkan pukulan berkualitas, yaitu apabila dilakukan dalam posisi baik. Untuk bisa memukul dengan posisi balk, seorang atlet harus memiliki kecepatan gerak. Kecepatan gerak kaki tidak bisa dicapai kalau footwork-nya tidak teratur.

3.    Service (Service)

4.    Pengembalian Service
Teknik pengembalian servis, sangat penting dikuasai dengan benar oleh setiap pemain bulutangkis. Arahkan kok ke daerah sisi kanan dan kiri lapangan lawan atau ke sudut depan atau belakang lapangan lawan. Prinsipnya, dengan penempatan kok yang tepat, lawan akan bergerak untuk memukul kok itu, sehingga ia terpaksa meninggalkan posisi strategisnya di titik tengah lapangannya.

5.    Smash
Yaitu pukulan overhead (atas) yang diarahkan ke bawah dan dilakukan dengan tenaga penuh. Pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang. Karena itu tujuan utamanya untuk mematikan lawan. Pukulan smash adalah bentuk pukulan keras yang sering digunakan dalam permainan bulutangkis.

6.    Netting
Adalah pukulan yang dilakukan dekat net, diarahkan sedekat mungkin ke net, dipukul dengan sentuhan tenaga halus sekali. Pukulan netting yang baik yaitu apabila bolanya dipukul halus dan melintir tipis dekat sekali dengan net.


3.5     Olahraga Atletik
Cabang Atletik adalah ibu jari atau sebagian besar cabang olahraga , dimana gerakan-gerakan yang ada di dalam atletik seperti lari,loncat,lompat dan lempar sebagian besar ada pada olaharga lainnya,sehingga tak heran pemerintah menetapkan cabang olahraga atletik sebagai pembahasan di dalam mata pelajaran di sekolah dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas.

Lima cabang olahraga atletik yaitu :
1.          Lari
a.    Lari Jarak Pendek
Lari jarak pendek adalah berlari dengan kecepatan penuh sepanjang jarak yang harus ditempuh, atau sampai jarak yang telah ditentukan. Lari jarak pendek terdiri dari lari 100 m, 200 m, 400 m. Secara teknis sama, yang membedakan hanyalah pada penghematan penggunaan tenaga, karena perbedaan jarak yang harus ditempuh. Makin jauh jarak yang harus ditempuh makin banyak tenaga yang harus dibutuhkan. Gerakan lari jarak pendek dibagi menjadi tiga tahap ialah: start, gerakan lari cepat (sprint), gerakan finis.

b.   Lari Jarak Menengah
Gerak lari jarak menengah (800 m- 1500 m) sedikit berbeda dengan gerakan lari jarak pendek, yaitu terletak pada cara kaki menapak. Lari jarak menengah, kaki menapak ball hell-ball, ialah menapakkan pada ujung kaki tumit dan menolak dengan ujung kaki. Start dikakukan dengan cara berdiri.

c.    Lari Jarak Jauh
Lari jarak jauh dilakukan dalam lintasan stadion jarak 3000m, ke atas, 5000m, 10.000m, sedangkan marathon dan juga cross-country, harus dilakukan diluar stadion kecuali star dan finis, secara fisik dan mental merupakan keharusan bagi pelari jarak jauh. Ayunan lengan dan gerakan kaki dilakuakan seringan-ringannya. Makin jauh jarak lari yang ditempuh makin rendah lutut diangkat dan langkah juga makin kecil.

d.   Lari Halang Lintang
Lari steeple – chase 3000 m termasuk kedalam lari jarak jauh dengan melalui rintangan-rintangan. Rintangan itu ada dua macam :
1.Rintangan Gawang
2.Rintangan Air dengan Gawang didepannya (water jump)

Pelari steeple – chase harus memiliki kecepatan seperti pelari 1500m, tetapi juga harus memiliki daya tahan seperti pelari 5000 meter, dan harus memiliki kemahiran khusus dalam melewati rintangan-rintangan tersebut.

e.    Lari Estafet
Lari sambung atau lari estafet adalah salah satu lomba lari pada perlombaan atletik yang dilaksanakan secara bergantian atau beranting. Dalam satu regu lari sambung terdapat empat orang pelari, yaitu pelari pertama, kedua, ketiga, dan keempat. Pada nomor lari sambung ada kekhususan yang tidak akan dijumpai pada nomor pelari lain, yaitu memindahkan tongkat sambil berlari cepat dari pelari sebelumnya ke pelari berikutnya.

2.          Lompat
a.    Lompat Tinggi
Lompat Tinggi adalah salah satu keterampilan untuk melewati mistar yang berada di kedua tiangnya.Ketinggian lompatan yang dicapai oleh seorang pelompat tergantung dari kemampuan dan persiapan bertanding dari masing-masing atlet.

b.   Lompat Jauh
Suatu akivitas gerakan yg dilakukan di dalam lompatan untuk mencapai lompatan yg sejauh-sejauhnya. Ukuran lapangan lompat jauh untuk jarak awalan lari sampai balok tumpuan 45m, balok tumpuan tebal 10cm, panjang 1,72m, dan lebar 30cm. Sedangkan bak lompatan panjang 9m, lebar 2.75m, kedalaman bak lompat ± 1 meter.

c.    Lompat Galah
Lompat yang memakai tongkat, tiang, atau galah.
3.          Loncat
Loncat merupakan cabang olahraga yang menggunakan pendaratan dua kaki, arah geraknya kedepan. Latihan loncat biasanya membutuhkan kaki tunggal loncat, double-kaki berlari, atau beberapa variasi dari dua.

4.          Lempar
a.    Lempar lembing
Lembing yang digunakan terbuat dari logam untuk Putra beratnya 800 gram dengan panjang 2,70 m, sedangkan Putri beratnya 600 gram dengan panjang 2,30 m.

b.   Lempar Cakram
Cakram yang dilempar berukuran garis tengah 220 mm dan berat 2 kg untuk laki-laki, 1 kg untuk perempuan.Lempar cakram diperlombakan sejak olimpiade I tahun 1896 di Athena, Yunani.

5.          Tolak Peluru
Tolak Peluru merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk mencapai lemparan atau tolakan yg sejauh-jauhnya. Peluru yang digunakan terbuat dari besi berbentuk oval dengan berat 3kg, 4kg, 5kg, 7kg. Dengan ruang lingkaran lebar 5x3 meter. Yang terpenting dari tolak peluru adalah peluru harus didorong keluar dengan kecepatan maksimal, dengan sudut kira-kira 40 derajat. Posisi untuk menolak harus ditekankan pada kaki karena kaki adalah bagian yang terkuat dari badan.



3.6     Manfaat Olahraga bagi Kesehatan
Olahraga sedikitnya 10 menit setiap hari membuat mental menjadi lebih sehat, pikiran jernih, stres berkurang dan memicu timbulnya perasaan bahagia. Bahwa olahraga membuat peredaran darah menjadi lancar, membakar lemak dan kalori, serta mengurangi risiko darah tinggi dan obesitas merupakan suatu hal yang diketahui umum. Riset terbaru menunjukkan suatu kelebihan lain dari aktivitas ini.

Secara lebih jelas Daniel Landers, profesor pendidikan olahraga dari Arizona State University mengungkapkan empat manfaat olahraga terhadap otak Anda.

1. Meningkatkan kemampuan otak
Latihan fisik yang rutin dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental. Karena olahraga bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan mempercepat aliran darah menuju otak. Para ahli percaya bahwa hal-hal ini dapat mendorong reaksi fisik dan mental yang lebih baik.

2. Membantu menunda proses penuaan
Riset membuktikan bahwa latihan sederhana seperti jalan kaki secara teratur dapat membantu mengurangi penurunan mental pada wanita di atas 65 tahun. Semakin sering dan lama mereka melakukannya makan penurunan mental kian lambat. Kabarnya, banyak orang merasakan manfaat aktivitas itu setelah sembilan minggu melakukannya secara teratur tiga kali seminggu. Latihan ini tidak harus dilakukan dalam intensitas tinggi. Cukup berupa jalan kaki di sekitar rumah.


3. Mengurangi stres
Olahraga dapat mengurangi kegelisahan. Bahkan lebih jauh lagi, bisa membantu Anda mengendalikan amarah. Latihan aerobik dapat meningkatkan kemampuan jantung dan membuat Anda lebih cepat mengatasi stres. Aktivitas seperti jalan kaki, berenang, bersepeda, dan lari merupakan cara terbaik mengurangi stres.

4. Menaikkan daya tahan tubuh
Jika Anda senang melakukan olahraga meski tak terlalu lama namun sering atau lama namun dengan santai melakukannya, maka aktivitas itu bisa meningkatkan hormon-hormon baik dalam otak seperti adrenalin, serotonin, dopamin, dan endorfin. Hormon ini berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Studi yang dilakukan di Inggris memperlihatkan bahwa 83 persen orang yang memiliki ganguan mental mengandalkan olahraga untuk meningkatkan mood dan mengurangi kegelisahan.





BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1 Kesimpulan
Ada beberapa jenis bidang olahraga, diantaranya sepak bola, bola voli, bola basket, badminton, dan atletik. Dan masing-masing olahraga tersebut memiliki aturan-aturan main serta teknik-teknik permainannya.

Rajin berolahraga juga berpengaruh besar terhadap kesehatan jasmani dan rohani. Sehat merupakan nikmat dan karunia yang diberikan oleh Allah. Memelihara dan meningkatkan kesehatan hakekatnya adalah mensyukuri nikmat dan karunia-Nya. Cara terpenting, termurah dan fungsional (fisiologis) adalah dengan rajin berolahraga.

4.2 Saran
Gerak adalah ciri kehidupan, memelihara gerak adalah mempertahankan hidup, dan meningkatkan kemampuan gerak adalah meningkatkan kualitas hidup. Maka janganlah pernah untuk malas bergerak karena sesungguhnya gerak harus selalu dilatih, dan latihan tersebut adalah olahraga. Oleh karena  itu, rajin lah berolahraga untuk menghasilkan fisik dan mental yang sehat.




DAFTAR PUSTAKA


Ø  http://kumpulan-makalah-dan-artikel.blogspot.com/2012/09/ makalah-tentang-sepak-bola.html
Ø  http://kumpulan-makalah-dan-artikel.blogspot.com/2012/09/ makalah-olahraga-bola-voli-volley-ball.html
Ø  http://arashikensho.blogspot.com/2011/03/ makalah-tentang-olahraga-bola-basket.html
Ø  http://ahmadps.blogspot.com/2010/06/ makalah-bulutangkis.html
Ø  http://pendidikanjasmanirafi.blogspot.com/2012/11/rafi-darwis.html
Ø  http://anggaraaditya.wordpress.com/hubungan-olahraga-dengan-kesehatan/
Ø  http://imheyhang.blogspot.com/2012/06/makalah-badminton.html
Ø  http://arrozaqi.wordpress.com/2010/06/27/makalah-bola-voli/
 
Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua 
by : lussy chandra

Artikel Terkait
Share this article :

+ komentar + 14 komentar

21 Desember 2014 pukul 01.05

makasih ditunggu kunjungan baliknya
http://www.dhanhariz.esy.es/

21 Agustus 2016 pukul 06.32

Makasih ya ka sangat membantu artikelnya ^ ^

24 November 2018 pukul 23.20

===> BONUS DEPOSIT HARIAN <===

DONACOPOKER adalah web judi kartu online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam menyediakan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan sebagai web Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa bermain dengan para pemain dari banyak kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di agen poker online.

=== 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
artikel poker

Ayo join sekarang di DonacoPoker.net

9 Juli 2019 pukul 18.05

PROMO KHUSUS MEMBER BARU 15%

DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan agen master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di bolazeus.

Sbg Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn industri Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penaklukan Isle of Man bagi beroperasi yang merupakan juru taruhan latihan jasmani sedunia.

https://dewazeus.site/deposit-via-pulsa/
https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-poker-deposit-via-pulsa-2019/
https://zeus77.net


Ayo join sekarang di dewazeus.site

3 September 2019 pukul 13.24

Hallo, berjumpa lagi besama kami S128Cash Situs Judi Online Terpercaya dan Terbaik 2019.
Dengan kualitas dan keamanan yang kami miliki, kami jamin untuk Anda semua yang bermain disini akan merasa nyaman dan dapat meraih kemenangan yang BESAR !!

Disini juga menyediakan semua bank local Indonesia dan juga menyediakan deposit via PULSA, OVO dan GOPAY.
Jadi buat Anda yang tidak memiliki rekening atau saldo ATM lagi kosong, tidak perlu khawatir ya...

HOT PROMO BONUS S128Cash :
- BONUS NEW MEMBER 10%
- BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
- BONUS CASHBACK 10%
- BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !! ( Sabung Ayam Online )

Informasi lebih lanjut hubungi kami :
- Livechat : S128Cash
- WhatsApp : 081910053031

Link Alternatif :
- http://www.s128cash.org

Ayam Sabung

3 Januari 2020 pukul 01.17

PROMO TIAP HARI BOS

Agen Judi Pulsa Terpercaya Di Indonesia, situs agen Poker Online menyisihkanmelantaskan pulsa adalah sealiran pedagang judi yang cadang permainan poker online pada masa ini sudah banget ringan degnan munculnya tontonan ini judi online sedimen melalui pulsa akomodasi dalam berkelakuan disebuah tontonan judi online yang dapat kita jumpai saat ini memang buah berpokok semakin tumbuhnya waktu dan teknologi waktu ini didalam pergelaran cagaran online. Karena cuma menggunakan pulsa seakan-akan dana deposit pementasan di judi pulsa online, pemain sudah berhasil putaran yang lebar menggadang dan membela permainan.

Berperangai menjadwalkan pulsa didalam permainan poker online tentunya memang tentu semakin melampiaskan petugas waktu kalian melakukan pergelaran andalan online. Dengan munculnya sedimen via pulsa maka petugas akan larat karena simpel padat bermegah-megah dan bekerja pemenang didalam serupa pertunjukan poker. Pementasan judi online endapan melalui pulsa pastinya bakal sampai sebagian kemaslahatan tengil yang dapat berupa pulsa jua ataupun berbentuk uang autentik didalam selaur pementasan judi online.

BACA JUGA:

main poker deposit pulsa
judi capsa susun via pulsa
agen judi online pulsa


Ayo daftar sekarang hanya di ZeusBola

9 Januari 2020 pukul 10.46

Mau Bonus Angpao di hari Imlek 2020???
Yuk bergabung dengan kami di Winning303
dapatkan Bonus Angpao Langgsung buat anda

Untuk Info
Hubungi Kami di :
WA: +6287785425244

15 Maret 2020 pukul 06.26

MUSEUMAYAM Adalah Situs Judi Online Taruhan Sabung Ayam, Sepak Bola, Casino, Togel & Poker Terpopuler di Indonesia

Untuk daftar bisa langsung ke:
WhatsApp : WA : +6282267932581

18 Maret 2020 pukul 18.41

Winning303

Agen judi online terbaru

Tersedia games :
Poker
sports
live casino
slots
togel
sabung ayam

Link terbaru kami
www.winning303.pw

Info lebih lanjut :
WA : 0877 8542 5244

25 April 2020 pukul 00.20

Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
- Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
- Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
- BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
- BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
- BONUS KEJUTAN LAINNYA

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

19 Oktober 2020 pukul 13.37

ZeusBola - Agen Sabung Ayam Deposit Pulsa Live
Menerima Deposit via E-money dan Pulsa Tanpa Potongan
(OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt
Pendaftaran : http://zeusbola1.com

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
Whatsapp : 0822 7710 4607

Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

18 Juli 2021 pukul 06.03

SITUS SLOT ONLINE DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

CLUB388CASH adalah situs judi slot online deposit pulsa tanpa potongan 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Menerima Deposit Via Pulsa Tanpa POTONGAN!

Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
Minimal Deposit Rp.10.000,-
Minimal Withdraw Rp.50.000.-

Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
Bonus New Member 10%
Bonus Harian 5%

Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

KONTAK :
WhastApp: 0819-1005-3031

Judi Slot Online Club388
Deposit Pulsa Tanpa Potongan
Poker Online
Situs Poker Online
Situs Poker Deposit Pulsa

29 Juli 2021 pukul 08.46

AGEN TOGEL DEPOSIT VIA PULSA TERPERCAYA

===> Museumtoto

===> togel online

===> agen togel pulsa

===> Slot Pulsa Tanpa Potongan

Dapatkan Promo-promo Spesial Setiap Bulannya di MuseumToto
Nikmati Kemudahan Deposit Museum Toto dengan PULSA dan OVOpay yang kami sediakan..
Nikmati juga banyak Bonus Lainnya Yang Kami Sediakan..

Dapatkan Deposit dengan rate potongan terendah untuk Telkomsel, AXIS dan XL...

===> Bonus Deposit 20% New Member
===> Bonus Deposit 5% Setiap Hari
===> Bonus Cashback 5% - 10%
===> Extra Bonus Prize 2 & Prize 3

Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Minimal Deposit 10rb
Semua Bank Lokal
OVO
Gopay
Dana
Pulsa (Minimal Deposit 10rb Rate Terbaik)

Untuk Togel Kami Menyediakan 7 Pasaran

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : 083157394921

===> LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO
===> LINK ALTERNATIF MUSEUMBOLA
===> LINK ALTERNATIF MUSEUMPOKER
===> LINK ALTERNATIF MUSEUMAYAM
===> CLUB388
===> SV388

19 September 2021 pukul 23.25

UPDATE TOGEL HARI INI


Winning303

PENAWARAN PROMOSI:
Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

Customer Service 24 Jam

Website : winning-303,com (ganti koma jadi titik)
WA:+6287785425244

Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog lussy Chandra - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger