.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}
Latest Movie :

Makalah Pidato



KATA PENGANTAR


     Puji Syukur kehadirat Allah SWT, telah memberikan karunia dan rahmatNya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah tentang “MELENGKAPI TEKS PIDATO” ini.

     Shalawat dan salam ke pangkuan Nabi besar Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari zaman jahiliah ke zaman yg penuh ilmu pengetahuan seperti yg kita rasakan sa’at ini.

     Penulis juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Guru pembimbing, teman, dan juga PC tercinta yg telah rela bekerja keras agar makalah sederhana ini dapat selesai.

     Tak ada gading yang tak retak, penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari makalah ini, baik dari materi maupun teknik penyajiannya, mengingat kurangnya pengetahuan dan pengalaman penulis. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.


Lhokseumawe, Maret 2013




Penulis


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR..............................................................................................i

DAFTAR ISI............................................................................................................ii

BAB I.......................................................................................................................1

BAB II......................................................................................................................2

BAB III....................................................................................................................7

DAFTAR PUSTAKA..............................................................................................8



BAB I

a.       Pendahuluan

     Berbicara yang akan dapat meningkatkan kualitas eksistensi (keberadaan) di tengah-tengah orang lain, bukanlah sekedar “ngoceh”, tetapi berbicara yang menarik (atraktif), bernilai informasi (informatif), menghibur (rekreatif), dan berpengaruh (persuasif). Dengan kata lain, manusia mesti berbicara berdasarkan seni berbicara yang disebul retorika atau seringkali disama-istilahkan dengan pidato.

      Di kalangan pelajar, pidato menjadi salah satu materi yang wajib dipelajari karena menjadi salah satu bagian materi yang diujiankan dalam kategori pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu melengkapi teks pidato.

      Setiap hal yang khusus berawal dari sesuatu yang umum, begitu pula dalam kaidah melengkapi teks pidato ini, siswa semestinya terlebih dahulu mengetahui garis besar pengenalan tentang pidato agar mempermudah dan memperluas wawasan siswa dalam menjawab tantangan baik kualitas komunikasi dalam kehidupan sehari-hari maupun kuantitas (baca: ujian). 

BAB II
a.       Pengertian Pidato

Pidato ialah suatu ucapan dengan memperhatikan susunan kata yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Sedangkan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato didefinisikan sebagai (1) Pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak; (2) Wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak ramai.

Pidato juga berarti kegiatan seseorang yang dilakukan di hadapan orang banyak dengan mengandalkan kemampuan bahasa sebagai alatnya. Pada dasarnya, pidato juga berarti kegiatan mengungkapkan ulasan pikiran dalam bentuk lisan di depan khalayak ramai.

Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi, dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.


b.      Tujuan Pidato

Pidato pada umumnya mempunyai tujuan sebagai berikut:
·           Memberikan informasi kepada pendengar, yaitu menyampaikan suatu pemahaman berupa informasi kepada pendengar.
·           Persuasif/mengajak, yaitu memengaruhi pendengar agar mengikuti saran atau propaganda yang diungkapkan oleh pelaku pidato.
·           Hiburan atau rekreasi, yaitu membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga pidato yang disampaikan akan memuaskan.
Dengan mengetahui beberapa tujuan pidato di atas  maka seseorang dapat dengan jelas mengambil sikap dalam berpidato sehingga nantinya akan berdampak pada keberhasilan atau kegagalan dari pidato yang disampaikan.




c.       Jenis-jenis Pidato

·         Pidato Pembukaan
>> Berupa pidato singkat yang biasa dibawakan oleh pembawa acara atau mc (master of ceremony).

·         Pidato Pengarahan
>> Pidato yang disampaikan untuk mengarahkan suatu acara yang akan/sedang dilaksanakan.

·         Pidato Sambutan
>> Pidato yang disampaikan pada suatu kegiatan atau acara tertentu dan dapat dilaksanakan oleh beberapa orang secara bergantian dengan jenjang waktu tertentu.

·         Pidato Peresmian
>> Pidato yang biasa dilaksanakan oleh seseorang yang berpengaruh ketika akan meresmikan sesuatu.

·         Pidato Laporan
>> Pidato yang isinya bertujuan untuk melaporkan hasil dari suatu tugas atau kegiatan.

·         Pidato Pertanggungjawaban
Pidato yang berisi tentang pernyataan suatu petanggungjawaban terhadap kegiatan tertentu.

d.      Metode Berpidato

·         Impromptu
Pidato yang dilakukan secara serta-merta dan tanpa persiapan terlebih dahulu. Misalkan seseorang yang menghadiri suatu acara tertentu dan tiba-tiba tanpa sepengetahuannya dipersilahkan untuk menyampaikan pidato, maka yang demikian disebut berpidato dengan metode impromptu.

·         Memoriter
Pidato Yang ditulis dalam bentuk naskah dan kemudian dihafalkan kata demi kata. Metode ini sering digunakan dalam suatu perlombaan pidato yang memiliki tema tertentu. metode ini dianggap kurang efektif karena dapat mengurangi nilai komunikasi si pelaku pidato terhadap pendengar karena kemungkinan besar “si penceramah” berupaya mengingat-ngingat isi pidato yang ingin disampaikan.

·         Naskah
Yaitu metode berpidato menggunakan naskah. Disini tidak dikenal istilah menyampaikan pidato, namun membacakan pidato karena pembicara akan menyampaikan pidato dari awal sampai akhir. Metode ini sangat perlu dilakukan jika isi pidato yang disampaikan harus benar-benar akurat dan tidak boleh terdapat kesalahan, misalkan seseorang yang ingin menyampaikan tentang isi laporan keuangan suatu kegiatan, maka dalam hal ini laporan perlu dibacakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
·         Ekstemporan
Metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis besar konsep pidato yang akan disampaikan (outline) dan pokok penunjang pembahasan (supporting point). Jenis pidato ini adalah jenis pidato yang paling baik dan sering dilakukan oleh pembicara yang telah mahir dan berpengalaman.

e.       Kerangka Susunan Pidato

·         Pembukaan
>>  Berisi salam pembuka dan ucapan penghormatan kepada institusi tertentu.
·         Pendahuluan
>> Berisi sedikit penyataan tentang ulasan yang ingin disampaikan.
·         Isi
>>Materi pidato secara sistematis, maksud, tujuan, sasaran, langkah, dll.
·         Penutup
>> Berisi Kesimpulan, harapan, pesan dan salam penutup dari pidato yang disampaikan.
 contoh Texk


Contoh Soal Tentang Melengkapi Teks Pidato:

Saya mengucapkann selamat dan terimakasih  atas kehadiran teman-teman yang telah menghadiri open house dalam rangka  memotivasi adik-adik  kita calon kelas 10 yang baru agar semakin giat dalam berkarya
Apabila dalam kegiatan ini banyak kekurangan panitia mohon maaf


Kalimat yang tepat untuk melengkapi isi teks pidato tersebut adalah …
  1. Akhirnya kami atas nama panitia mengucapkan selamat mengunjungi Open House ini.
  2. Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan yang telah memberikan kesehatan sehingga bisa menyelenggarakan kegiatan ini.
  3. Demikian sambutan dari saya selaku Ketua Panitia semoga acara Open House ini bermanfaat
  4. Acara ini merupakan agenda tahunan Sekolah Sukma Bangsa dalam rangka memotivasi para calon siswa agar meningkatkan kreatifitasyang dimilikinya.
  5. Yang terhormat Kepala Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe beserta dewan guru.

Jawaban :
Konsep dasar
Bagian penutup pidato umumnya diisi dengan (1) ucapan
selamat dan terima kasih, (2) harapan, dan (3) permohonan
maaf.
Cara cepat
Kalimat yang belum ada dalam pidato bagian penutup adalah
pernyataan harapan. Oleh karena itu, kalimat yang sesuai
dengan maksud tersebut adalah Demikian sambutan dari saya
selaku ketua panitia, semoga pameran buku ini bermanfaat.
Jadi jawaban yang benar adalah : C




BAB III

a.       Kesimpulan

·         Pidato ialah suatu ucapan dengan memperhatikan susunan kata yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak.
·         Pidato umumnya bertujuan memberikan informasi, mengjak dan memberi hiburan kepada pendengar.
·     Jenis Pidato terdiri dari 6 macam, yaitu : pidato pembukaan, pidato pengarahan, pidato sambutan, pidato peresmian, pidato laporan dan pidato pertanggungjawaban.
·         Metode berpidato terbagi 4, yakni : impromptu, memoriter, naskah, dan ekstemporan
·         Menyusun pidato terdiri dari 4 kerangka yaitu: pembukaan, pendahuluan, isi dan penutup.

b.      Saran
Setiap siswa seharusnya bisa memahami pemahaman tentang pidato dengan baik. Karena penerapan ilmu berpidato sangat berguna dalam mengasah kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi siswa.
Dalam menjawab soal tentang pidato terutama yang berkaitan dengan melengkapi teks pidato, siswa seharusnya lebih memperhatikan kerangka susunan pidato dengan baik, sehingga hal itu dapat mempermudah siswa untuk menganalisis jawaban yang sesuai untuk melengkapi kerangka pidato tersebut.







DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, Emha. ______.Tehnik dan Pedoman Berpidato. Surabaya: CV. Amin

.http://copiyan.wordpress.com/2010/02/28/jenis-jenis-pidato/(diakses tanggal l4 Maret) Anonim. 2008.

Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Retorika Modern Pendekatan Praktis
.Bandung: PTRemaja Rosdakarya



                                                         
 



Artikel Terkait
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog lussy Chandra - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger