.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}
Latest Movie :

pengertian Anekdot

1.      Apa yang di maksud anekdot?
Jawab 
Anekdot adalah sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya. Anekdot terkadang bersifat sindiran alami. Atau Anekdot bisa saja sesingkat pengaturan dan provokasi dari sebuah kelakar. Anekdot selalu disajikan berdasarkan pada kejadian nyata [2] melibatkan orang-orang yang sebenarnya, apakah terkenal atau tidak, biasanya di suatu tempat yang dapat diidentifikasi. Namun, seiring waktu, modifikasi pada saat penceritaan kembali dapat mengubah sebuah anekdot tertentu menjadi sebuah fiksi, sesuatu yang diceritakan kembali tapi "terlalu bagus untuk nyata". Terkadang menghibur, anekdot bukanlah lelucon, karena tujuan utamanya adalah tidak hanya untuk membangkitkan tawa, tetapi untuk mengungkapkan suatu kebenaran yang lebih umum daripada kisah singkat itu sendiri, atau untuk melukiskan suatu sifat karakter dengan ringan sehingga ia menghentak dalam kilasan pemahaman yang langsung pada intinya

2.      Ada berapa macam bentuk anekdot ?
Jawab .

Secara umum, teks anekdot terdiri atas lima bagian, yaitu:
  1. Abstraksi
    Abstraksi terletak di bagian awal paragraf. Fungsi abstraksi adalah memberikan gambaran tentang isi teks. Secara umum, bagian ini menunjukkan hal unik yang akan ada di dalam teks.
  2. Orientasi
    Orientasi merupakan bagian yang menunjukkan awal kejadian cerita atau latar belakang bagaimana peristiwa terjadi. Pada bagian ini, penulis bercerita secara detail.
  3. Krisis
    Krisis adalah bagian terjadinya hal atau masalah yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada penulis atau orang yang di ceritakan.
  4. Reaksi
    Reaksi merupakan bagian bagaimana cara penulis atau yang ditulis menyelesaikan masalah yang timbul pada bagian krisis tadi.
  5. Koda
    Koda adalah bagian akhir cerita, bisa juga dengan memberi simpulan tentang kejadian yang dialami penulis atau orang yang ditulis.
3.      Apa fungsi anekdot ?
Jawab .
FUNGSI TEKS ANEKDOT
1. Menghibur dengan humor.
2. Menyinggung orang-orang terkenal atau public figure secara tidak langsung.
4. Apa saja ciri-ciri anekdot?
Jawab.
 CIRI BAHASA TEKS ANEKDOT
1. Terdapat Majas.
2. Terdapat kalimat langsung.
3. Terdapat kata seru.
4. Terdapat kalimat Retorika.

5.Apa setiap pelajaran bahasa Indonesia  harus memiliki anekdot ?
Jawab .

Setiap pelajaran bahasa Indonesia harus memiliki anekdot karena Terkadang anekdot itu menghibur, anekdot bukanlah lelucon, karena tujuan utamanya adalah tidak hanya untuk membangkitkan tawa, tetapi untuk mengungkapkan suatu kebenaran yang lebih umum , sehingga anekdot merupakan senjata pamungkas bikin para siswa tertawa, sehingga dalam proses belajar mengajar tidak menimbulkan rasa bosan pada siswa, maupun guru, dan anekdot itu sifat tematik jadi  memang anekdot ini harusdi keluarkan pada saat guru bahasa indonesia mengajarkan suatu materi. 
Artikel Terkait
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog lussy Chandra - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger