.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}
Latest Movie :

Bela Negara di India




BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Masalah
Seperti yang kita ketahui, untuk mencapai kemerdekaan, INDIA  harus mengalami perjuangan yang amat panjang dan luar biasa beratnya paling sedikit tiga setengah abad lamanya bangsa INDIA India adalah negara yang mendominasi wilayah luas yang dikenal sebagai benua Asia Selatan. Negara ini memiliki penduduk lebih dari 1,2 miliar orang. India adalah negara kedua yang paling padat penduduknya (setelah China) dan negara demokrasi terbesar di dunia. Berbentuk kasar seperti segitiga terbalik, India membentang dari pegunungan Himalaya yang tinggi di utara hingga ke negara pulau Sri Lanka di selatan. Selama berabad-abad, banyak bangsa yang berbeda menginvasi India dan menguasai sumber daya alamnya yang luas. Bangsa asing terakhir yang memerintah India adalah Inggris. Pemerintahan mereka, yang dikenal sebagai Raj, berlangsung lebih dari 150 tahun.
 India menjadi bangsa modern yang merdeka di tahun 1947, setelah Perang Dunia II. Pada tahun itu, Inggris menarik diri dari benua setelah membagi sebagian besar wilayah menjadi dua negara, India dan PakistanKemerdekaan yang telah kita miliki harus dijaga dan dipertahankan, jika kita tidak ingin direbut kembali. Sebab, meskipun bangsa Indonesia telah merdeka, bukan berarti terlepas dari segala bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan. Oleh karena itu,  sebagai warganegara harus menjaga keutuhan bangsa dan membela negara dari masalah apapun. Usaha bela negara dapat dilaksanakan dalam berbagai bidang dan bentuk. Bukan hanya dalam ancaman fisik, tetapi juga nonfisik. Bukan hanya terhadap ancaman militer, tetapi juga ancaman nonmiliter.
1.2.Rumusan Masalah
·         Bagaimana  upaya bela negara  india?
1.3.Tujuan
·         Agar kita mengetahui Bagaimana  upaya bela negara  india
                                                                            BAB II
       PEMBAHASAN

2.1 Bela Negara
2.1.1 Pengertian Bela Negara
Bela Negara adalah  sikap dan perilaku warga Negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut yang dilandasi oleh kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara serta keyakinan akan pancasila sebagai ideologi Negara guna menghadapi ancaman baik yang berasal dari luar maupun dari dalam negeri yang membahayakan dan mengancam kedaulatan baik kedaulatan di bidang Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Pertahanan dan Keamanan Negara. Memperkuat Pertahanan Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara ndia merupakan negara republic yang  Pernah mengalami penjajahan Inggris selama lebih dari 300 tahun. Pada tanggal 15 Agustus 1947 India mendapatkan kemerdekaannya dari Inggris, tetapi baru tanggal 26 Januari 1950 resmi menjadi negara republik berdaulat penuh..
·         Unsur Dasar Bela Negara :
1.    Cinta Tanah Air
2.    Kesadaran Berbangsa & bernegara
3.    Yakin akan Pancasila sebagai ideologiI negara
4.    Rela berkorban untuk bangsa & negara
5.    Memiliki kemampuan awal Bela Negara


2.1.2 Peran Pendidikan Bela Negara

a.Kebijakan Pendidikan di India            
            India memilih komitmen untuk menyebarluaskan pengetahuan dan kebebasan berfikir di kalangan penduduk yang direfleksikan pada kebijakan dalam undang-undangnya, yaitu pasal 45 dinyatakan bahwa Negara berupaya menyediakan pendidikan secara gratis selama 10 tahun, dan bagi anak-anak hingga mereka berusia 14 tahun. Sedangkan pasal 29 ayat 1 menyatakan bahwa warga Negara yang memiliki ragam Bahasa dan tulisan mendapatkan perlakuan khusus dalam bidang ekonomi
Sejak 1976, pemerintah pusat telah menetapkan untuk bertanggung jawab dalam pembiayaan serta mengatur pendidikan dasar hingga menengah, dan mengadakan koordinasi dengan program pendidikan tinggi. Pemerintah juga memberikan kesempatan yang sama dalam pendidikan umum.

b.Sistem Pendidikan di India      
Pendidikan di India saat ini menggunakan pola dan substansi yang di adobsi dari Negara barat, dimana pertama kali di perkenalkan oleh Negara Inggris pada abad ke-19. Komisi pendidikan India telah menetapkan kebijakan sistem pendidikan 10-2-3 untuk usia sekolah, . Tingkat awal 10 tahun terbagi dalam 3 jenjang, yaitu primary(5 tahun), upper primary (3 tahun), dan secondary (2 tahun).
Bila dijabarkan dalam tingkat usia sekolah akan tampak sebagai berikut :
a.    tingkat dasar (primary stage) yang meliputi kelas I sampai V yakni 5 tahun masa belajar. Ini dilaksanakan di 20 negara bagian dan teritoria india.
b.    pendidikan tingkat menengah (middle stage) meliputi kelas VI sampai VIII diselenggarakan di 18 negara bagian dan teritoria india.
c.     pendidikan menengah atas (secondary stage) meliputi kelas IX sampai X. Kelas ini di selenggarakan di 19 negara bagian dan territorial india.
 Struktur pendidikan sekolah yang seragam tersebut telah di adobsi oleh seluruh Negara bagian dan teritori India. Walaupun demikian, dilingkungan dan teritori India masih dijumpai sejumlah kelas yang menyelenggarakan pendidikan dasar (primary), menengah (upper primary), dan (high and higher secondary school).
c. Ciri dan tujuan pendidikan di India
Ciri-ciri pendidikan di India adalah :    
a.     Pengajaran agama di nomor satukan.
b.     Pendidikan diselenggarakan oleh kasta Brahmana.
c.      Tujuan pendidikan; mencapai kebahagian abadi (Nirwana).
Sedangkan tujuan pendidikan di India antara lain :                    
1.    Untuk memberantas penyakit buta huruf
2.    Meningkatkan mobilitas dan integrasi sosial
3.    Untuk memajukan/ mengembangkan ilmu dan teknologi
4.    Untuk meningkatkan perkembangan ekonomi
5.    Untuk memperbaiki kondisi sosial masyaraka
- See more at: http://www.kuberbagi17.com/2015/02/sistem-pendidikan-di-india.html#sthash.2pgp5H88.dpuf

2.2 Pertahanan Negara
Pertahanan negara disebut juga pertahanan nasional adalah segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah sebuah negara dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.
2.2.1   Hakikat Pertahanan Negara
Hakikat pertahanan negara adalah segala upaya pertahanan bersifat semesta yang penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran atas hak dan kewajiban warga negara serta keyakinan pada kekuatan sendiri. Pertahanan negara dilakukan oleh pemerintah dan dipersiapkan secara dini dengan sistem pertahanan negara.Dalam bahasa militer, pertahanan adalah cara-cara untuk menjamin perlindungan dari satu unit yang sensitif dan jika sumber daya ini jelas, misalnya tentang cara-cara membela diri sesuai dengan spesialisasi mereka, pertahanan udara (sebelumnya pertahanan terhadap pesawat: DCA), pertahanan rudal, dll. Tindakan, taktik, operasi atau strategi pertahanan adalah untuk menentang/membalas serangan.
2.2.2   Jenis Pertahanan Negara
· Pertahanan militer untuk menghadapi ancaman militer, dan
· Pertahanan nonmiliter/nirmiliter untuk menghadapi ancaman nonmiliter/nirmiliter.
 2.2.3   Jenis Ancaman Negara
1.         Ancaman Militer
Pertahanan negara dibangun untuk menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah serta keselamatan segenap bangsa dari segala bentukan caman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara, baik ancaman militer maupun non-militer. Yang dimaksud dengan ancamanmiliter adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisir yang dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenapbangsa.
Ancaman militer dapat berupa agresi, pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, sabotase, spionase, aksi teror bersenjata,ancaman keamanan laut dan udara, serta konflik komunal.
2.    Ancaman Non militer
Ancaman non-militer pada hakikatnya adalah ancaman yang menggunakan faktor-faktor non-militer yang dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. Jenis ancaman non militer dibagi menjadi dua. Pertama adalah ancaman yang berkaitan langsung dengan pertahanan negara, misalnya kesengajaan penyebaran penyakit sebagai bagian dari perang biologi. Kedua adalam ancaman non militer yang tidak berkaitan langsung dengan pertahanan negara, misalnya penyebaran penyakit secara alamiah, baik epidemik maupun pendemik.Sifat ancaman non-militer harus dihadapi pulan dengan pendekatan non-militer,

2.3 Keamanan Negara india

Keamanan nasional menunjuk ke kebijakan publik untuk memastikan keselamatan dan keamanan negara melalui penggunaan kuasa ekonomi dan militer dan penjalanan diplomasi, baik dalam damai dan perang. Secara prinsip, konsep tersebut dikembangkan di Amerika Serikat setelah Perang Dunia Kedua.
Untuk mewujudkan kemanana nasional, sebuah negara harus mempunyai keamanan ekonomi, energi, lingkungan, dan lain-lain. Ancaman keamanan tidak hanya datang dari musuh tradisional seperti negara lain, melainkan juga datang dari orang atau organisasi di luar sistem diplomatik sekarang ini seperti bandar narkoba, perusahaan multinasional, dan lembaga swadaya masyarakat yang berlainan dengan pemerintah.
Cara yang diambil untuk memastikan keamanan nasional termasuk:
· penggunaan diplomasi untuk mencari sekutu dan mengisolasi ancaman
· menggunakan kuasa ekonomi untuk melakukan atau memaksa kerja sama
· menjaga angkatan bersenjata yang efektif
· memastikan pemulihan cepat dan perbanyakan infrastruktur kritikal
· menggunakan jasa inteligen untuk mendeteksi dan mengalahkan atau mencegah ancaman dan espionase, dan melindungi informasi rahasia
· menjaga budaya nasional yang tidak dikenal atau antinasionalisme, terutama di ruang hiburan utama.
Untuk menjaga keamanan india memutuskan untuk bergabung dengan blok keamanan yang dipimpin oleh China dan Rusia.         Saat india  telah melenkapi persyaratan menjadi anggota SCO  India dilaporkan akan terlebih dahulu diterima oleh SCO menjadi anggota, karena sudah mendapat persetujuan dari negara anggota SCO lainnya. SCO Organisasi yang bermarkas di Beijing, China ini awalnya bernama Shanghai Five yang beranggotakan China, Kazakhstan, Rusia, Kirgiztan, dan Tajikistan. Setelah bergabungnya Uzbekistan pada 2011 mereka memutuskan untuk berganti nama. Kerjasama yang dilakukan organisasi ini mencakup bidang politik, ekonomi, dan militer      






2.4.Pertahanan Negara India

India membeli kapal kapal selam baru dan kapal siluman

Setelah bertahun-tahun diabaikan, India sedang mencoba untuk mempersempit kesenjangan militernya dengan China, yang baru-baru ini membangun armada kapal dan kapal selam yang bisa melakukan serangan tiba-tiba di Samudera Hindia.Menteri Keuangan India Arun Jaitley, yang menyampaikan anggaran federal untuk tahun 2015/2016, mengatakan, anggaran pertahanan akan meningkat menjadi 2,47 triliun rupee India (atau sekitar US$ 40 miliar). Untuk tahun fiskal saat ini, alokasi yang sebesar 2,29 triliun rupee itu naik 12 persen dibanding tahun sebelumnya. "Mempertahankan setiap jengkal tanah kami adalah di atas segalanya," kata Jaitley.
Namun kenaikan terbatas dalam anggaran militer itu berarti hanya beberapa senjata baru yang akan dipesan tahun ini. Sebanyak tiga perempat anggaran itu akan dipakai untuk pemeliharan angkatan bersenjata terbesar ketiga di dunia ini. Dia mendaftar sejumlah peralatan yang akan dipesan itu antara lain 126 pesawat tempur dari Dassault, 197 helikopter ringan, 145 howitzer Ultra-ringan, 15 helikopter serbu Apache dan helikopter pengangkut 22 CH-47F Chinook.          Angkatan laut India juga membutuhkan kapal selam baru dan kapal siluman untuk melawan kehadiran Cina di Samudera Hindia.
Cina diperkirakan akan mengotorisasi penguatan pengeluaran pertahanan 2015 pada pekan mendatang meskipun ekonominya melambat, terutama untuk memperkuat angkatan laut dengan kapal anti-kapal selam dan mengembangkan kapal induk di luar satu-satunya kapal yang kini beroperasi.









BAB III
PENUTUP

3.1.KESIMPULAN

Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut. Secara militer maupun non militer.untuk menjaga keamanan Negara pemerintah india membeli beberapa peralatan militer yang canggih dari china
Untuk menangkis apabila ada serangan dari Negara luar.






Artikel Terkait
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog lussy Chandra - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger