.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}
Latest Movie :

SISTEM OPERASI



SISTEM OPERASI  YANG SERING DI GUNAKAN SAAT INI

Saat ini sudah banyak sistem operasi komputer yang beredar di pasaran. Kebanyakan dari kita hanya mengetahui bahwa Windows lah sistem operasi komputer. Oleh karena itu artikel tik akan membahas mengenai berbagai macam sistem operasi komputer. Beberapa sistem operasi yang terkenal saat ini adalah Windows, Mac OS, Linux, UNIX,  DOS.
1.      Microsoft Windows

Microsoft windows adalah nama umum untuk sistem operasi berbasi GUI yang dibuat oleh Microsoft. Program-program yang termasuk dalam kategori Windows adalah Windows 3.1, WIndows 95, Windows 98, Windows Me, Windows XP, Windows NT, Windows 2000, WIndows 7 dan yang terbaru Windows 8, Sistem awal Windows diberinama dengan WIndows 1.0 yang diluncurkan pada tahun 1985, sebagai langkah untuk menyaingi kepopuleran sistem Micintosh. Pada tahun 2007, perusahaan Microsoft mengeluarkan sistem operasi Windows Vista.

Sistem operasi yang diperkenalkan oleh Bill Gates ini merupakan sistem operasi yang cukup fenomenal sampai dengan saat ini. Sistem operasi ini masih menjadi penguasa di dunia sistem operasi. Sistem operasi ini sudah beberapa kali mengalami pembaharuan dengan mengeluarkan seri-seri terbarunya. Diantaranya yang paling menonjol adalah Windows XP, Vista dan seri terbarunya Windows 7. Sistem operasi ini,untuk sebagian besar orang memang lebih mudah untuk digunakan dibandingkan jenis sistem operasi lainnya. Namun sistem operasi ini lebih banyak digunakan orang, sehingga orang sudah lebih familiar dengan menggunakan sistem operasi ini. Adapun beberapa keuntungan dan kerugian dengan menggunakan sistem operasi ini adalah :         

Keuntungan :
§  Merupakan sistem operasi yang sangat terkenal saat ini.
§  Mudah untuk digunakan, karena saat ini orang – orang yang pertama kali mengenal komputer akan diperkenalkan pada sistem operasi ini dibandingkan sistem operasi yang lainnya, sehingga orang akan lebih familiar dengan windows ketimbang yang lain.
§  Dukungan aplikasi yang memadai, hal ini juga yang menjadi pertimbangan banyak orang untuk memilih sistem operasi ini. Sistem operasi ini telah banyak mendukung jenis – jenis software dan hardware yang ada saat ini. Sehingga pengguna tidak lagi diharuskan untuk mengkonfigurasi sendiri aplikasi perangkat lunak maupun driver untuk hardware komputernya. Hal ini berbeda dengan linux yang tidak semuanya mengenali hardware suatu komputer.
Kerugian :
§  Merupakan produk berbayar,tidak bebas. Orang yang menggunakan sistem operasi ini diharuskan untuk membayar lisensi kepada Microsoft Corp.
§  Merupakan sistem operasi yang kurang stabil. Anda mungkin pernah mendengar istilah “Blue Screen of Death” (BSOD). Ya,inilah hal yang dapat terjadi pada saat kita menggunakan sistem operasi ini,dimana layar komputer kita tiba – tiba menjadi berwarna biru dan komputer kita hang.
§  Aplikasi yang digunakan pada sistem operasi ini kebanyakan bersifat propietary dan mengharuskan pengguna membayar lisensi yang tidak murah harganya.
§  Rentan terhadap virus,malware,dll. Ini juga yang menjadi salah satu kelemahan utama sistem operasi ini. Sampai dengan saat ini,belum ada orang yang menyatakan kalau dia tidak harus menginstall antivirus di komputernya bila menggunakan sistem operasi ini. Hal ini dikarenakan para pembuat virus,spyware,malware lebih senang untuk menyerang sistem operasi ini dibandingkan jenis sistem operasi ini,karena mereka lebih menemukan banyak celah – celah keamanan pada sistem operasi ini. Kita juga masih mengingat berita yang cukup hangat beberapa waktu lalu,dimana di Cina,perusahaan Google diserang oleh hacker dengan memanfaatkan celah keamanan pada Internet Explorer 6,yang mana merupakan web-browser bawaan dari sistem operasi ini

2. Mac OS
Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System, Sistem operating sistem ini berbasis GUI (Graphical User Interface) yang berjalan pada komputer Macintosh. SIstem operasi ini sebenarnya diluncurkan pertama kali tahun 1984. Namun, nama Mac OS baru diperkenalkan pada pertengahan 90-an. Di Indonesia, Macintosh banyak dipakai di kalangan penerbit dan biasa dipakai di kalangan penerbit dan biasa dipakai untuk menangani perwajahan (layout) bahan-bahan publikasi.
Berbeda dengan DOS, sistem operasi ini menggunakan pendekatan grafis sebagai antarmuka untuk pemakai atau dikenal dengan istilah GUI. Pemakai lebih mengandalkan mouse untuk melakukan perintah pada tampilan grafis sebagai pengganti mengetikkan perintah melalui keyboard yang biasa dilakukan pada model DOS. Pada sistem seperti ini, penyalinan file dapat dilakukan cukup dengan menggunakan mouse.
Bila Windows merupakan sistem operasi yang mendukung semua jenis perangkat keras,lain halnya dengan sistem operasi ini yang dibuat khusus untuk perangkat komputer produksi Apple Inc. Sistem operasi yang diperkenalkan oleh Steve Jobs ini memang cukup fenomenal, karena sistem operasi ini menawarkan tampilan grafis yang menawan. Belum ada sistem operasi yang ada saat ini yang bisa menandingi kecantikan tampilan dari sistem operasi milik Apple ini. Adapun beberapa keuntungan dan kerugian menggunakan sistem operasi ini adalah :
Keuntungan :
§  Tampilan grafis user interface yang menawan
§  Stabil dan aman. Hal ini benar bila dibandingkan dengan sistem operasi Windows,namun menurut pendapat saya pribadi Linux masih lebih stabil dibandingkan dengan Mac,namun untuk mendapatkan tampilan semenarik Mac kita harus menginstal beberapa paket experimental pada linux,yang dapat mengakibatkan linux menjadi tidak stabil juga. Hal ini yang menjadi trade-off dalam hal memilih sistem operasi,apakah menginginkan kestabilan atau tampilan yang menawan. Sistem operasi ini juga merupakan yang terbaik dalam hal keamanan, hal ini juga didasarkan pada masih belum banyaknya orang yang menggunakan Mac.
§  Mudah dalam penginstalan aplikasi
§  Mendukung banyak aplikasi – aplikasi grafis.
§  Aman dari Virus, malware, spyware.
Kerugian :
§  Masih merupakan sistem operasi tertutup dan berbayar
§  Sistem operasi ini hanya khusus untuk produk – produk produksi Apple (Macbook,IMac)
§  Biaya yang harus dikeluarkan besar. Produk – produk apple sampai saat ini merupakan produk dengan harga yang cukup tinggi.

3. DOS
Sesuai dengan namanya, DOS adalah Diskette Operating System merupakan sistem operasi yang terkemas dalam sebuah disket berkapasitas 360 MB. Sistem operasi ini sangat populer di awal dekade 80-an ketika komputer disebut IBM PC mulai populer sebagai komputer perorangan, Pada masa itu komputer belum dilengkapi dengan hard disk. Jenis DOS ada dua macam taiut PC DOS yang dibuat oleh IBM dan MS DOS buatan Microsoft. Saat ini DOS sudah jarang digunakan karena terpinggirkan oleh sistem windows.
4. LINUX
Linux adalah sistem operasi semacam UNIX yang sangat populer di lingkungan PC narena tergolong sebagai Open Source atau jenis software yang dapat dipakai secara bebas. SOftware ini menjadi alternatif bagi mereka yang tidak mau mengeluarkan biaya besar untuk membeli perangkat lunak, tetapi tidak mau membajak perangkat lunak tersebut. Sistem operasi ini diciptakan oleh Linus Benedict Torvalds atau biasa disbut Lius Torvald, seorang insinyr perangkat lunak kelahiran Finlandia pada tahun 1969. Linuz mulai diperkenalkan ke publik pada tahun 1991. Selai digunakan untuk kepentingan pribadi, sistem operasi ini banyak dipakai utuk server bagi perusahaan. Merupakan sistem operasi yang pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds dengan mengandalkan pustaka pada sistem operasi GNU yang diperkenalkan oleh Richard Stallman. Linux merupakan sistem dengan banyak varian yang disebut distro. Dengan dukungan komunitas yang luas, saat ini Linux dapat menjadi salah satu sistem operasi yang dikenal luas di dunia. Adapun keuntungan dan kerugian dengan menggunakan sistem operasi ini adalah :
Keuntungan :
§  Merupakan free software yang berbiaya rendah (bahkan gratis),tidak ada batasan,bebas secara keseluruhan
§  Memiliki banyak aplikasi yang dapat di-customize sendiri oleh si pengguna
§  Dukungan komunitas yang luas,
§  Rilis update yang cukup sering. Distro – distro linux besar saat ini bahkan dapat merilis varian barunya dua kali dalam setahun. Bandingkan dengan Microsoft yang tidak tentu dalam merilis service packnya.
§  Lebih stabil dan aman. Linux merupakan salah satu sistem operasi paling stabil saat ini
§  Dapat bekerja pada komputer dengan spesifikasi rendah. Hal ini berbeda dengan varian terbaru Windows (Vista dan 7),dimana pengguna diharuskan memiliki spesifikasi komputer yang dashyat untuk dapat menggunakannya.
§  Bebas virus. Ini merupakan keuntungan utama yang tidak saya dapatkan dari sistem operasi lain.
Kerugian :
§  Sulit menentukan distro mana yang akan digunakan. Hal ini juga yang menjadi kendala saya pertama kali. Karena begitu banyaknya distro linux yang ada saat ini saya pun harus mencari – cari banyak informasi sampai akhirnya sekarang saya jatuh hati dengan distro Fedora.
§  Sulit beradaptasi bagi pengguna awal. Apabila user sudah terbiasa dengan sistem operasi lain dan akan menggunakan linux,maka perlu ada penyesuaian. Tapi hampir kebanyakan user tidak mau repot untuk belajar lagi dari awal,sehingga mereka langsung menolak menggunakan linux.
§  Masih belum mendukung sepenuhnya hardware komputer,terutama yang diproduksi setelah distro tertentu dirilis,namun biasanya dengan segera akan muncul update untuk menyesuaikan dengan hardware tersebut.
§  Update dan install paket – paket pendukung akan sulit bila tidak tersedia koneksi internet.
§  Sering terkendala dependency packate.

5. UNIX
Unix adalah nama umum sistem operasi yang dapat dijalankan pada berbagai jenis komputer, mulai dar mikrokomputer PC, minikomputer hingga main frame. Dalam implementasinya, nama sistem operasi ini sangat bervariasi. Misalnya AIX pada mini komputer bautan IBM, HP/UX pada mini komputer buatan Hwelett-Packard dan SCO Unix yang ditunjukan untuk PC.
Sistem operasi ini diciptakan pada tahun 1969 di Labolatorium Bel AT&T oleh Ken Thompson, Dennis Ritche, Douglas Mcllroy dan pada awallnya hanya ditunjukan pada minikomputer tahun 1971. Pada perkembangan selanjutnya, sistem ini mulai diadaptasikan ke pelbagai platform dan pada setiap platform diberi nama yang berbeda.
Awalnya sistem ini berbasis perintah. Namun, sekarang banyak sistem UNIX yang telah berbasis GUI.


Artikel Terkait
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

30 Mei 2013 23.37

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

25 Maret 2015 20.21

mantab sob, makasih banyak infonya..

http://s.id/4Z2

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog lussy Chandra - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger