.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}
Latest Movie :

Usaha Doorsmeer



1 LATAR BELAKANG PENDIRIAN USAHA
Saya tinggal di rumah nenek saya kebetulan rumah nenek saya di pinggir pasar, nenek saya mempunyai rumah yang ada garasi mobilnya,garasi mobilnya tidak terpakai karena mobilnya sudah di jual oleh kakek saya dan halaman rumah nenek saya sangat luas Saya belum bekerja dan saya ingin membuka usaha , Saya mempunyai ide saya ingin  membuat usaha door smeer di halaman rumah nenek saya.
Saya melihat  kawasan rumah nenek saya ramah di lalui oleh kenderaan, sepeda motor dan mobil. Apalagi sekarang setiap tahun peningkatan kendaraan semakin naik tetapi jalan tetap sehingga banyak membuat kemacetan sepanjang jalan. Kota kota besar di indonesia semakin ruwet dengan kondisi kendaraan roda dua dan roda empat. Tidak seperti di luar negeri ada pembatasan kendaraan sehingga jumlah kendaraan bisa di tekan. Banyak orang bilang Indonesia mengalami masalah ekonomi tetapi setiap orang sekarang bisa membeli kendaraan roda dua. Bisa di lihat di setiap rumah di desa maupun di kota, pasti memiliki minimal kendaraan roda dua. Dengan kenaikan harga minya dunia pun tidak berpengaruh orang untuk membeli kendaraan bermotor. Sistem kredit itu membuat orang jadi mungkin mendapatkannya. Dahulu kemana mana menggunakan angkutan kota atau angkutan desa, sekarang setiap orang memiliki motor. Jadi kendaraan bermotor sekarang bukan kebutuhan pokok bukan kebutuhan sekunder lagi.
Dengan adanya kondisi diatas itu membuat peluang bisnis yang berkaitan dengan kendaraan bermotor terbuka lebar dan menjanjikan.Untuk memanfaatkan peluang ini, saya mencoba untuk mendirikan sebuah usaha cuci Mobil dan motor{Doorsmeer} dengan nama ” Rezeki “
2. TEMPAT DAN MODAL USAHA
Sebagaimana yang saya jelaskan dalam latar belakang diatas, tempat usaha adalah  halaman dan garasi mobil  rumah nenek saya yang berada di Jalan Medan-Banda Aceh Cunda dan modal adalah tabungan saya sendiri
·         Tempat: Tempat untuk membuka usaha  adalah halaman rumah nenek dan garasi rumah nenek saya di Jalan Medan banda-Aceh Cunda no 11, Lhokseumawe yang luasnya (lebar) 40m x (panjang) 70m. Berada di dekat tempat pemukiman penduduk, didekat komplek walaupun punya nenek sendiri tapi saya tetap membayar sewa tempat ini.
·         Modal usaha : Besar modal untuk membuka usaha doorsmeer  sekitar 5.000.0000. keseluruhan modal akan akan saya gunakan untuk membeli perlengkapan usaha doorsmeer.
·         Peralatan usaha : Peralatan-peralatan salon motor yang harus disediakan adalah sebagai berikut :
*      Mesin compressor air
*      Pipa 5 meter
*      Tong air 2 buah
*       Pembuatan sumur bor
*       Mesin dap
*      Peralatan lainnya
*      Gantungan kunci sepeda motor atau sticker

3.BENTUK USAHA DAN KEPENGURUSAN
·         Bentuk Usaha : Bentuk usaha adalah usaha dagang di bidang jasa yang saya lakukan sendiri dan beberapa orang pegawai saya.
·         Kepengurusan : Pengelolaan usaha Doorsmeer ini di pimpin oleh saya sendiri selaku pemilik modal. Dan untuk melakukan operasi  akan sirekrut 3 orang pegawai
·         Izin Usaha  :  Saya telah mendapat surat izin dari geuchik  Cunda
·         Strategi Pemasaran :Melakukan pemasaran secara langsung dengan pamflet, maupun hanya dari mulut ke mulut.
·         SDM : Untuk pegawai, tidaklah terlau sulit mencarinya karena tidak diperlukan keahlian khusus. Tetapi meskipun demikian, harus kita memilih karyawan yang mau bekerja keras dan tidak malas. Sebagai imbalan, bisa kita memberikan gaji, atau upah per mobil dan yang selesai dicuci.
4.CALON PELANGGAN DAN PERKIRAAN HASIL
Calon pelanggan usaha doorsmeer ini adalah  orang-orang yang melewati jalan ini, dan masyarakat setempat
Survey Pelanggan : Dari survei yang saya lakukan  sendiri kepada,  usaha Doorsmeer yang lain dan kepada calon pelanggan banyak pelangan pengatakan  :
·         kualitas hasil cuci mobil dan motor anda harus terjamin. Pelanggan tentunya akan datang kembali, dan kembali dan kembali lagi bila kualitas jasa yang anda berikan dapat memenuhi ekspektasi mereka. Jadi anda harus dapat memastikan bahwa hasil cuci di tempat usaha cuci mobil dan motor anda sangat baik dan bersih. Pastikan setiap petugas cuci anda bekerja dengan standar yang anda tentukan.
·         Suasana Tunggu Usaha cuci mobil dan motor yang NyamanAturlah agar tempat usaha cuci mobil dan motor anda senentu saja, desain harus disesuaikan dengan target pasar yang anda bidik. Sediakanlah makanan kecil dan minuman ringan agar pelanggan yang menunggu dapat menikmati makanan dan minuman. Dan asiknya, ini tidak harus gratis
·         Promosi dan Komunikasi yang Menarik.Hampir semua orang di level ekonomi manapun sangat menyukai program promosi. Orang juga cenderung mau mencoba sebuah jasa (cuci mobil dan cuci motor) apabila ada promosi yang menarik
·         Pelayanan yang Sangat Baik (Service Excellent)Pelanggan di masa kini ini sangat memperhatikan pelayanan ini. Bahkan dibeberapa literatur menyebutkan bahwa pelayananlah yang membuat usaha anda berbeda dan sulit







Karkulasi dan keuntungan:
Modal Awal:
·         Peralatan:
Sewa tempat                                                   Rp             2.000.000
Pompa air                                                        Rp             1.500.000
Kompresor                                                      Rp             1.000.000
Papan nama                                                     Rp                500.000 +
Jumlah                                                             Rp             5.000.000,
Peralatan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 5.000.000 - Rp 1.000) / 4 = Rp 1.249.750,00 per tahun atau sama dengan Rp 104.145,00 per bulan.
·         Perlengkapan:
Peralatan cuci                                                   Rp                500.000
Jumlah                                                              Rp                500.000
·         Perhitungan Laba/(Rugi) per Bulan
Pendapatan:
Cuci sepeda motor
(20 motor X 30 X Rp 10.000,)                          Rp             6.000.000
Cuci mobil (10 mobil X 30 X Rp 25.000,00)     Rp             7.500.000
·         Biaya-biaya:
Gaji karyawan                                                 Rp             2.800.000
Listrik dan telepon                                          Rp                500.000
Biaya pemakaian air                                        Rp                200.000
Biaya penyusutan peralatan                             Rp                104.145
Biaya perlengkapan                                         Rp                500.000
Maintenance                                                    Rp                250.000
Lain-lain                                                          Rp                100.000
Jumlah Biaya                                                   Rp             4.454.145
Laba Bersih                                                     Rp             9.045.855

·         Perhitungan ini berdasarkan asumsi bahwa dalam sehari ada 20 kendaraan sepeda motor yang dicuci dengan rata-rata harga cuci @ Rp 10.000 dan 10 kendaraan mobil yang dicuci dengan rata-rata harga cuci @ Rp 25.000 dengan karyawan 4 orang.

Hanbatan bisnis: Usaha bergantung dengan cuaca. Jika cuaca sering hujan, usaha selalu ramai oleh konsumen yang akan mencuci motor/mobil.Tapi jika kemarau tiba, usaha agak sepi dari konsumen.
Pesaing : Banyak pesaing yang juga menjalankan usaha ini tapi  agak berjauhan dari lokasi usaha saya, tapi rezeki Allah yang mengatur, yang penting saya usaha  dan berdoa, pasti ada jalannya.
5.  Penutup
Demikianlah proposal usaha ini dibuat sebagai bahan pertimbangan  bagi anda yang akan memulai usaha. Segala saran dan kritik kami harapkan dari semua pihak karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
 Semoga bermanfaat

Artikel Terkait
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog lussy Chandra - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger