.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}
Latest Movie :

Usaha Warnet



1.      LATAR  BELAKANG PENDIRIAN USAHA
Seiring  dengan perkembangan dan komunikasi telah menempatkan internet menjadi layaknya sebuah  kebutuhan pokok. Di Indonesia kesadaran masyarakat akan internet sudah berkembang  sangat pesat. Terutama bagi mereka para pelajar, mahasiswa, pengajar  dan masyarakat umum lainnya . Hal  ini dikarenakan sifat berita internet  yang global, sehingga kita  dapat terkoneksi  ke seluruh jaringan didunia,.
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut para pengusaha memiliki gagasan untuk menyediakan tempat ngenet secara umum yang di sebut WARNET. Sampai saat ini warnet masih menjadi bisnis yang cukup baik, selain menjadi keuntungan bagi pemiliknya, Bahkan Warnet juga sebagai tempat bergaul dan mencari teman di dunia maya.
Usaha warnet sebenarnya cukup mudah untuk didirikan dan dijalankan. Betapa tidak,  dengan membeli komputer, misalnya 10 buah,. Cukup lulusan sma yang mengerti tentang komputer. Mungkin karena mudahnya, banyak orang yang berlomba-lomba mendirikan usaha warnet ini.
·         Peluang usaha : Mengacu kepada perkembangan komunikasi yang sangat pesat dan   menjadikan  suatu peluang usaha yang sangat besar.
·         Jenis Usaha: Sesuai dengan keadaan di lingkungan  kami  yang banyak anak-anak             sekolah  kami bermaksud  mendirikan usaha warnet
·         Waktu Pendiriam : Usaha ini akan berdiri sesegera mungkin, paling lambat  1 bulan
·         Tempat usaha : Usaha tersebut  akan dijalankan  di sebuah ruko  yang kami sewa seluas 500 m di jalan Medan Banda-Aceh   No. 10 Lhokseumawe
·         Mirtra Usaha   : Pihak yang akan di ajak kerjasama  adalah pihak keluarga terdekat

2.      BESAR MODAL YANG DI PERLUKAN
Untuk melaksanakan usaha yang telah kita rencanakan kita memerlukan modal. Modal yang telah kita kumpulkan dari mitra usaha kita. Modal itu kita gunakan untuk membeli computer, monitor,  dan perlengkapan lainnya. Besarnya modal yang di perlukan  untuk membeli  peralatan  dan biaya memasang koneksi internet kepada pihak speedy  sebesar    Rp. 30.000.000 ( Tiga Puluh Juta Rupiah) tanah sebagai temapat usaha kita sewa.
·         Tahapan Modal:  Untuk tahap pertama di perlukan modal  10 Juta  dan tahap kedua 6 Juta rupiah
·         Sumber Modal            : Modal pertama akan di kumpulkan dari mitra usaha  karena saya
            Saya hanya pihak pengelola  semua modal  saya dapat dari mitra usaha.
·         Kedudukan: Para pendiri dapat berkedudukan menjadi pengurus diberikan     kesempatan untuk menjadi pimpinan karena mempunyai modal terbesar.
      3.LOKASI USAHA
Menentukan tempat usaha untuk membuka warnet ditentukan oleh siapa pengunjung yang nanti akan menjadi pengunjung warnet kita. Siapa saja yang bisa menjadi target pasar kita ? Hampir semua orang – orang dilingkungan anda bisa menjadi target pasar kita . Diantaranya bisa pelajar, pekerja, pengajar, orang tua bahkan anak – anak.  Maka anda bisa menentukan lokasi usaha kita disekitar Sekolah, Perumahan Terletak di jalan raya
a.       Tempat mudah terlihat oleh konsumen
b.      Ramai pelajar karena berdekatan dengan sekolah Sukma Bunga Bangsa
c.       Padat penduduknya  dan lokasinya cukup luas  karena mempunyai tempat parkir dan aman.
d.      Ingatlah bahwa warnet umumnya beroperasi hingga malam hari, lokasi yang gelap akan membuat warnet anda tidak menarik dikunjungi.
4.Tenaga kerja (SDM)
Jumlah pekerja alias operator 2 orang
5.Peralatan
Peralatan yang di butuhkan
a.Perangkat keras apa saja yang dibutuhkan di warnet?  Saya membaginya atas beberapa kategori, yaitu:
  1. Perangkat Komputer
  2. Perangkat Jaringan
  3. Perangkat Kelistrikan
  4. Perangkat Tambahan

b. Perangkat Lunak

Perangkat Lunak  yang diperlukan di warnet, kita bisa menyederhanakan perangkat-perangkat lunak tersebut ke dalam beberapa kategori untuk memudahkan kita dalam menyusun daftar perangkat lunak apa saja yang diperlukan.yaitu untuk di Server dan di Komputer Pengguna.   Kemudian dari pembagian tersebut saya susun lagi menjadi beberapa kategori perangkat lunak yaitu:
  • Sistem Operasi
  • Internet
  • Perkantoran
  • Multimedia
  • Billing System

c. Koneksi Internet untuk Warnet

Koneksi internet termasuk bagian yang vital bagi pengusaha warnet. Mutu koneksi akan menentukan apakah pelanggan anda akan setia atau pergi meninggalkan anda. Disini diperlukan perhitungan matang antara kenyamanan (koneksi yang bagus), biaya yang diperlukan dan tentunya kemampuan finansial pengguna. tapi apakah harganya terjangkau oleh pengguna kita? Sisi lain juga perlu dipertimbangkan adalah koneksi apa saja yang tersedia di lokasi warnet kita dan apakah koneksi tersebut bisa digunakan di warnet. Untuk koneksi internet saya gunakan paket Speedy  2 GB yang mempunyai jaringan koneksi cepat

6.PERIZINAN USAHA
Di dalam suatu usaha  harus di landasi dengan hukum yang berlaku, karena setiap usaha yang kita jalankan harus di lalui dengan ijin yang ada.Untuk  perizinan usaha  saya sudah melapor kepada kepala desa setempat  dan mendapat :
  1. Surat izin kelurahan
  2. Surat izin ke RW
  3. Surat izin ke RT
7.SEGMEN PASAR
Target pemasaran warnet kami pada umumnya untuk semua kalangan masyarakat, tetapi karna warnet ini kami dirikan di sekitar lingkungan ramai pelajar dan  mahasiswa, jadi peluang terbesar kami adalah para mahasiswa dan para pelajar  tersebut. kemudian dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan warnet juga berharap para pelanggan tetap setia sehingga usaha warnet yang kami kelola dapat berjalan dengan baik.
8. KALKULASI HARGA DAN KEUNTUNGAN
Sekarang saya mencoba menghitung. Pertama-tama saya asumsikan beberapa hal sebagai berikut untuk memudahkan perhitungan, yaitu :
  • Jumlah workstation 5 unit
  • Sambungan ke ISP memakai Speedy
  • Jumlah pekerja alias operator 2 orang
  • Jam operasional adalah 17 jam perhari
Dari asumsi tersebut saya akan memperkirakan biaya investasi yang dibutuhkan, baik untuk pembelian hardware, pengadaan sambungan internet, biaya tempat, biaya operasional awal dan sebagainya.
Membuat perhitungan rugi laba usaha warnet. ita akan membuka usaha warnet dengan memulai menyiapkan
·         5 unit komputer                       (Rp 10 juta),
·         1 unit server                            (Rp 3,5 juta),
·         6 meja kursi                             (Rp 1,5 juta),
·         dan pelengkapan seperti kabel (Rp 1 juta),
 dijumlahkan menjadi               Rp 16 juta.
 Kemudian dari Rp 16 juta itu terjadi penyusutan investasi selama empat tahun dengan nilai sisa sebesar seribu rupiah. Untuk menghitung penyusutan per tahun  = (Rp 16.000.000 – Rp.1.000)/4 = Rp 3.999.750 per tahun atau Rp 333.312 (333.500) per bulan
Kemudian kita akan menghitung per laba atau rugi usaha warnet per bulan. Pertama-tama kita hitung pendapatan usaha warnet, 5 komputer dioperasikan selama 17 jam @ Rp 3.000,-, dihitung Rp 3.000 x  17 jam x 5 komputer x 30 hari = Rp 7.650.000,-. Jadi usaha warnet ini menghasilkan Rp 7.650.000,- per bulan.
Selanjutnya kita menghitung biaya yang dikeluarkan untuk mengelola usaha warnet per bulan. Dalam sebelum usaha warnet akan mengeluarkan biaya-biaya, seperti :
·         sewa tempat                (Rp 2.000.000),
·         listrik                           (Rp    500.000),
·          koneksi internet          (Rp    850.000),
·         perawatan komputer   (Rp    300.000),
·         gaji dua karyawan       (Rp 1.200.000),
·         dan penyusutan           (Rp   333.500).+
                                       Rp. 5.183.500
Jadi total biaya yang dikeluarkan adalah Rp 5.183.500,-. Setelah mengetahui total biaya yang dikeluarkan usaha warnet dalam sebulan, kita bisa menghitung laba yang diperoleh per bulan. Untuk menghitung laba, jumlah pendapatan dikurangi biaya per bulan, yaitu Rp 7.650.000,- dikurangi Rp 5.183.500 hasilnya adalah Rp 2.466.500,-.Jika kita ingin menambah penghasilan kita bisa menjual makanan ringan, dan minuman juga pulsa elektrik dll
9. PENUTUP
Demikianlah proposal bisnis ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi orang lain. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis kami. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini.


 see u ...................again............








Artikel Terkait
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog lussy Chandra - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger