.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}
Latest Movie :

makalah upaya bela negara di inggris



Makalah PKN
Di
S
U
S
U
N
Oleh
Kelompok       :  BHINEKA TUNGGAL IKA
Nama Ketua                 : Khairul  Anwar
Anggota                       : Fitria Imanda
                                                                          Suci Yani
                                                                          Lia Nazira
                                                                          Nurul Riska
Guru  Pembimbing       : Fachrina Rosma






MTS s  SAFINATUS SALAMAN
TAHUN AJARAN 2015/2016



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Inggris (bahasa Inggris: England) adalah sebuah negara yang merupakan bagian dari Britania Raya.[6][7][8] Negara ini berbatasan dengan Skotlandia di sebelah utara dan Wales di sebelah barat, Laut Irlandia di barat laut, Laut Keltik di barat daya, serta Laut Utara di sebelah timur dan Selat Inggris, yang memisahkannya dari benua Eropa, di sebelah selatan. Sebagian besar wilayah Inggris terdiri dari bagian tengah dan selatan Pulau Britania Raya di Atlantik Utara. Inggris juga mencakup lebih dari 100 pulau-pulau kecil seperti Isles of Scilly dan Isle of Wight.
Topografi Inggris sebagian besar terdiri dari perbukitan dan dataran rendah, terutama di Inggris bagian tengah dan selatan. Dataran tinggi terdapat di bagian utara (misalnya, pegunungan Danau District, Pennines, serta Yorkshire Dales) dan di barat daya (misalnya Dartmoor dan Cotswolds). Ibu kota Inggris dahulunya adalah Winchester, kemudian digantikan oleh London pada tahun 1066. Saat ini London merupakan daerah metropolitan terbesar di Britania Raya dan zona perkotaan terbesar di Uni Eropa berdasarkan luas wilayah.[catatan 3] Penduduk Inggris berjumlah sekitar 53 juta jiwa, atau sekitar 84% dari total populasi Britania Raya, sebagian besarnya terkonsentrasi di London, Inggris Tenggara, dan kawasan-kawasan konurbasi di Midlands, Barat Laut, Timur Laut dan Yorkshire, masing-masing wilayah ini dikembangkan sebagai daerah industri utama selama abad ke-19. Sedangkan kawasan padang rumput terdapat di luar wilayah kota-kota besar.
Kerajaan Inggris (setelah tahun 1284 juga termasuk Wales) adalah sebuah negara berdaulat sampai tanggal 1 Mei 1707. Kemudian Undang-Undang Kesatuan yang menyatakan bahwa Kerajaan Inggris dan Kerajaan Skotlandia disatukan secara politik untuk membentuk Kerajaan Britania Raya disahkan pada tahun 1707.[13][14] Pada tahun 1801, Britania Raya bersatu dengan Kerajaan Irlandia dengan disahkannya Undang-Undang Kesatuan 1800 dan kemudian namanya berganti menjadi Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia. Pada tahun 1922, Negara Bebas Irlandia berdiri sebagai suatu domini yang terpisah, namun enam county di Irlandia Utara tetap memilih untuk menjadi bagian dari Britania Raya, yang kemudian namanya diubah lagi menjadi Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara, yaitu konteks negara Britania Raya yang dikenal hingga sekarang ini

Bab II
Pembahsaan
A. pengertian pembelaan Negara
Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang.
Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara.Spektrum bela negara itu sangat luas, dari yang paling halus, hingga yang paling keras.Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata.Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.
Konsep bela negara dapat diartikan secara fisik dan non-fisik, secara fisik dengan mengangkat senjata menghadapi serangan atau agresi musuh, secara non-fisik dapat didefinisikan sebagai segala upaya untuk mempertahankan Negara dengan cara meningkatkan rasa nasionalisme, yakni kesadaran berbangsa dan bernegara, menanamkan kecintaan terhadap tanah air, serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara.
B. Unsur Dasar Bela Negara
Unsur dasar bela negara yang dianut oelh bangsa indonesia adalah sebagai berikut :
1.      Cinta Tanah Air
2.      Kesadaran Berbangsa & bernegara
3.      Yakin akanPancasila sebagai ideologi negara
4.      Rela berkorban untuk bangsa & negara
5.      Memiliki kemampuan awal bela negara

C.Peran  Pendidikan dalam membela Negara di Inggris.
Perjalanan panjang menuju nalar modern yang digagas oleh  filosof Inggris untuk memajukan pendidikannya dapat ditelusuri seperti dalam artikel “Modernity versus postmodernity”, Jurgan Habermas menjelaskan istilah “moderen” adalah sebuah istilah  yang digunakan  untuk menyebut era baru (New age), yang berfungsi untuk membedakan dengan masa lalu (the ancient).
Artinya modern itu tidak semata-mata hanya ditandai dengan munculnya renaissance atau enlightenment, tetapi itu yang memulai, di  Negara Eropa Prancis, Inggris, dan Jerman. Bertrand Russel mengungkapkan ada dua hal yang terpenting yang menandai sejarah pendidikan modern di Inggris atau di Eropa, yakni runtuhnya otoritas gereja dan menguatnya otoritas sains (rasional).
Ada beberapa tesis yang bisa diambil untuk memahami peristiwa kemajuan  revolusi ilmiah di Inggris.  Revolusi ilmiah selalu dikaitkan dengan proses sekulerisasi atau tercabutnya kekuasaan agama dalam sistem sosial politik yang memungkinkan sains lepas dari  institusi  agama. Di Eropa demikian juga di Inggris telah tercatat dalam sejarah pada Abad ke-16 dan 17, ketika itu era Renaissance, agama sebagai institusi yang sangat dominan dan hegemoni di eropa dikala itu mengalami perubahan radikal dalam posisinya sebagai pemegang otoritas  penuh  segala bentuk kebenaran. Tetapi lepasnya sains dari otoritas agama tidak menjadikan independensi. Kemajuan dibidang pendidikan di inggris sangat  meningkatan  di sekolah para pelajar benar di tempa agar mereka  menjadi orang yang cerdas.dan di tanam kan rasa kecintaan pada Negara yang tinggi.
Dengan demikian usaha bela negara bukan hanya sekedar mengangkat senjata untuk mempertahankan negara ini tetapi meliputi berbagai  sikap dan tindakan untuk meningkatkan kesejateraan warga negara  , di zaman ini terutama kaum muda yang terlihat semakin kurang rasa ingin bela negaranya , mereka lebih memilih untuk bersenang-senang , cara hidup yamg individualis,hilangnya rasa ketiawanan,gaya hidup yang berpatokan hanya pada materi , mari mulai dari saat ini , kita mulai dari diri sendiri untuk meningkatkepedulian terhadap bela negara,banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan rasa bela negara dalam diri agar  kita semakin kuat , yaitu :

1.            Menumbuhkan rasa cinta tanah air (nasionalisme ).
2.            Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Budaya Lokal dan Nasional.
3.            Selalu memperingati dan menghayati hari-hari besar negara seperti hari kemerdekaan.
4.            Mempelajari bela negara.
5.            Memberikan pelajaran tentang pentingnya mencintai negara indonesia.
6.            Lebih peduli terhadap lingkung sekitar.
7.            Gaya hidup yang beretika dan menjunjung tinggi sopan santun
D. Ancaman Militer bagi Negara inggris
Ancaman militer adalah ancaman dengan menggunakan kekuatan bersenjata yang dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa.Pemerintah Inggris nampaknya tidak ingin tragedi di Tunisia kembali menimpa negaranya. Untuk melakukan pencegahan terhadap insiden serupa, Inggirs dilaporkan telah merilis peta ancaman teror.  
Peta yang disebut-sebut dibuat oleh badan intelijen Inggris, Mi5 itu berisi kategori negara mana saja yang memiliki ancaman teror tertinggi, dan mana yang terendah. Peta ini dibuat untuk dijadikan acuan warga Inggris saat melancong ke luar negeri.       Dalam peta itu, negara yang dinilai memiliki ancaman teror yang tinggi diberi keterangan warna merah. Sedangkan negara dengan tingkat ancaman teror paling rendah, diberi tanda warna hijau.            
Australia, Spanyol dan Prancis adalah beberapa negara yang dinilai memliki tingkat ancaman sedang hingga tinggi. Prancis masuk ke dalam kategori tersebut, karena beberapa kali mendapat serangan teror, seperti Charlie Hebdo, dan terakhir serangan yang berlangsung pekan lalu.
Mayoritas negara di Timur Tengah, termasuk Israel dan Suriah masuk ke dalam kategori dengan ancaman teror tinggi. Berdasarkan keterangan Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran, Israel masuk ke dalam kategori tersebut karena masih sering mendapat serangan roket dari Gaza.     

E.Ancaman non militer        

Secara umum ancaman yang bersifat non-militer dapat diuraikan sebagai berikut :
  1. Gaya hidup materialistis, individualistis, dan pragmatis yang dapat mengancam moralitas dan nasionalisme generasi muda.
  2. Konflik atau pertikaian dalam masyarakat akibat permasalahan sosial ekonomi, yang berkembang menjadi konflik antar-suku, agama, maupun ras/keturunan dalam skala yang lebih luas.
  3. Kejahatan lintas negara, seperti penyeludupan barang, senjata, amunisi, dan bahan peledak, penyeludupan manusia, narkoba, pencucian uang dan bentuk-bentuk kejahatan terorganisasi lainnya.
  4. Perusakan lingkungan, seperti pembakaran hutan, penebangan hutan secara illegal, dan pembuangan limbah beracun yang tidak sesuai aturan.
  5. Aksi-aksi unjuk rasa atau demonstrasi berbau sparatisme, baik yang dilakukan di dalam negeri maupun di luar negeri.
  6. Penyakit menular atau wabah yang menyerang secara cepat dan meluas.
Banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai wujud bela negara, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Membantu aparat hukum dalam mencari dan menangkap pelaku kejahatan.
  2. Mengawasi keamanan wilayahnya masing-masing, misalnya dengan melakukan kegiatan siskamling.
Banyak cara yang bisa dI lakukan Negara inggris selain yang telah di sebutkan di atas, misalamya bila terjadi bencana alam  rakyatnya ikut serta dalam membantu korban bencana alam dengan memberikan bantuan dengan cara memberikan santunan untuk membangun posko-posko bantuan , atau bila tidak dapat membantu secara finansial kita, misalnya  , mencari korban yang masih berada di area bencana .
 F.Pengamanan di negera ingris
Inggris akan memperkuat pertahanan untuk melawan ancaman cyber melalui rencana baru Kementrian Pertahanan yang bekerjasama dengan mitra besar.Kementrian Pertahanan mengatakan kerjasama itu berarti lebih banyak mencari informasi rahasia mengenai ancaman cyber.
Perusahaan-perusahaan keamanan menghadapi serangan cyber hampir setiap hari, lebih sering dari negara-negara yang mencoba untuk mencuri informasi yang sensitif mengenai teknologi baru dan persenjataan.Pejabat mengatakan mereka berharap rencana itu akan dijalankan sebagai model untuk sektor yang lain.
Kemitraan Pertahanan Pengamanan 'Cyber' yang baru ini merupakan upaya bersama antara pemerintah Inggris dan sembilan perusahaan pertahanan besar - yang dirancang untuk meningkatkan industri pertahanan kolektif dari serangan di dunia maya.Kerja sama itu mencakup membuat standar tertinggi untuk keamanan bagi perusahaan yang lebih kecil dalam rantai pasokan.Serangan cyber merupakan salah satu dari empat ancaman tertinggi bagi keamanan nasional Inggris, selain terorisme internasional, menurut Strategi Keamanan Nasional pemerintah.
 G.Prioritas pengamanan di Inggris
Awal bulan ini, badan intelejen Inggris GCHQ mengatakan ditemukan sekitar 70 operasi pengintaian cyber selama satu bulan terhadap pemerintah atau jaringan industri - 15 diantaranya terhadap industri pertahanan.Direktur GCHQ Sir Iain Lobban mengatakan rahasia bisnis telah dicuri dalam sebuah "skala industrial" dan dalam sejumlah kasus peretas asing telah menembus komputer perusahaan dalam waktu lebih dari dua tahun.
Pada 2010 pemerintah Inggris merancang pengamanan terhadap jaringan komputer sebagai salah satu prioritas penting negara tersebut.Dengan anggaran investasi sebesar Rp9,7 trilliun untuk empat tahun ke depan untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan Program Keamanan Cyber Nasional.
Pada Maret lalu, pemerintah Inggris meluncurkan Kemitraan Pertukaran Informasi Keamanan Cyber untuk membantu para pengusaha dan pemerintah untuk berbagi informasi mengenai ancaman di dunia maya, termasuk sebuah portal situs yang dapat menyediakan informasi yang dapat diakses dalam waktu cepat.











BAB III
PENUTUP
 A.KESIMPULAN
A. Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara.Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang.
Banyak hal yang dilakukan inggris dalam mengamankan negaranya  salah satunya
·         Di bidang  pendidikan semakin tingginya pendidikan di inggris
·         Membuat peta ancaman terror
·         Pemerintah Inggris merancang pengamanan terhadap jaringan komputer sebagai salah satu prioritas penting negara tersebut untuk menghadapi serangan cyber












 





Artikel Terkait
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog lussy Chandra - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger