.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}
Latest Movie :

Sebutkan kekayaan di beberapa propinsi di bidang pertanian & perkebunan?

Sebutkan kekayaan di beberapa propinsi di bidang pertanian & perkebunan?




NO
Provinsi
Kekayaan Pertanian dan Perkebunan
Kegiatan Pemanfaatan
1
Aceh utara
Dalam sektor pertanian, daerah ini mempunyai unggulan reputasi sendiri sebagai penghasil beras yang sangat penting. maka secara keseluruhan Kabupaten Aceh Utara merupakan daerah Tingkat II yang paling potensial di provinsi dan pendapatan per kapita di atas paras Rp. 1,4 juta penghasil Beras ( padi)
Sebagai Makanan Pokok kita sehari-hari
2
Kalimantan  Barat
 Lidah Buaya
Di sinilah tanaman lidah buaya sangat cocok tumbuh. Dari sekitar 175 hektar kebun lidah buaya di Kalimantan Barat, 90 persennya berada di Kota Pontianak. Makanya, kota yang berlahan gambut ini dikenal sebagai penghasil tanaman lidah buaya super
Untuk kosmetik antara lain pembuatan shampoo,Masker,dll
Di Amerika, Australia, dan Eropa, lidah buaya digunakan sebagai bahan obat-obatan dan makanan. Gel atau lendir lidah buaya mengandung mineral dan vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B12, C, dan E. Ternyata, lidah buaya dapat diolah menjadi dodol, kerupuk, dan minuman segar. Maka, jangan heran jika di Pontianak banyak  dijumpai penjual es lidah buaya.
Selain diolah menjadi makanan jadi, lidah buaya juga diolah menjadi tepung. Lidah buaya yang diolah menjadi tepung, konon, dapat membuat nutrisi yang dikandungnya tidak cepat rusak.

3
Kalimantan  Timur
Kelapa Sawit. Sampai saat ini sekitar 65 persen lahan perkebunan (58.167,44 hektar)
   di kabupaten yang sebelumnya merupakan bagian dari wilayah Kali-mantan
   Selatan ini diperuntuk-kan bagi kelapa sawit. Terhampar di sepanjang
   Kecamatan Long Ikis, Pasir Belengkong, Waru, dan lainnya. Dari luas
   ter-sebut, bagian terbesar (43 per-sen) dikelola oleh penduduk yang
   disebut perkebunan rakyat. Sisanya 26 persen dikelola oleh perkebunan
   negara dan 31 persen oleh perkebunan besar swasta. Produksi kelapa
   sawit tandan buah segar dari perkebunan rakyat dibeli oleh PTPN XIII
   untuk ikut diolah di tiga pabrik pengolahan CPO yang terdapat di
   kabupaten ini.
 Di gunakan untuk membuat minyak goreng
4
Lampung
Lada  Hitam
Pengembangan Komoditi Perkebunan Menempati Prioritas Tinggi dalam Pembangunan Bidang Ekonomi di Provinsi Lampung, Karena di Harapkan Sebagai Penggerak Perekonumian Masyarakat dan Sebagai Salah Satu Sub Sektor Penghasil Devisa Melalui Kegiatan Ekspor Komoditas Perkebunan. Lada merupakan salah satu komoditas perkebunan unggulan Provinsi Lampung yang tersebar hampir diseluruh Kabupten di Provinsi Lampung.
Untuk bahan obat-obatan
Untuk bumbu masakan

5
Papua
Sagu  papua penghasil sagu terbesar)
 Sebagai bahan makanan pokok sehari-hari dan kini diolah menjadi tepung sagu yang di ekpor ke luar negeri. Bagi negara Jepang tepung Sagu bisa digunakan sebagai bahan dasar produksi glukosa, sirup berfluktuosa tinggi, sorbitol, dan sebagainya.
6
Jawa  Barat
Jagung . Kabupaten Garut termasuk penghasil jagung terbesar di Jawa Barat dengan hasil produksi sekitar 394.000 ton/tahun. Jumlah itu terus merangkak naik dari tahun ke tahun. Pada tahun 2009, kenaikan itu mencapai 43%. Sedangkan pada 2010 naik hingga 47,29%. Hasil itu mengantarkan Kab. Garut menjadi pemasok jagung terbesar untuk Jawa Barat dan Indonesia. Produksi sebanyak itu lebih dominan diserap industri pakan ternak atau industri lainnya yang menggunakan bahan baku jagung. Sedangkan sisanya yakni sekitar 55.000 ton/tahun dikonsumsi masyarakat.
Sebagai penganti makanan pokok. Digunakn manjadi tepung jagung
7
Sumatera
Perkebunan Karet
Pembuatan Ban
8
Jawa  Timur
Tebu
kegiatan rehabilitasi tanaman menggunakan bibit tebu unggul telah dapat mengganti pertanaman tebu varietas lama milik petani seluas 28.000 Ha. Kemudian mulai tahun 2003 dilaksanakan kegiatan penggantian varietas melalui pembangunan kebun bibit dan Bongkar Ratoon. Pembangunan kebun bibit seluas 2.912 Ha pada tahun 2003, 2.861 Ha pada tahun 2004 dan 2.861 Ha pada tahun 2005. Realisasi kegiatan bongkar ratoon di Jawa Timur mulai tahun 2003 - 2005 mencapai 97.135 Ha, yang terdiri dari hasil bongkar ratoon tahun tanam 2003/20
Pembutan Gula, Gula diproduksi dari dua macam tanaman utama dunia. Tebu umumnya dibudidayakan di daerah tropis dan menghasilkan sekurang-kurangnya 65 persen dari produksi gula dunia. Sisanya, 35 persen, disuling dari bit gula, yang dibudidayakan di iklim yang lebih dingin, seperti Eropa Timur dan Barat, serta Amerika Utara. Secara kimia, gula dari kedua sumber ini identik.

Artikel Terkait
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog lussy Chandra - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger