BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Masalah
Seperti yang kita ketahui, untuk
mencapai kemerdekaan, INDIA harus
mengalami perjuangan yang amat panjang dan luar biasa beratnya paling sedikit
tiga setengah abad lamanya bangsa INDIA India adalah negara yang mendominasi
wilayah luas yang dikenal sebagai benua Asia Selatan. Negara ini memiliki
penduduk lebih dari 1,2 miliar orang. India adalah negara kedua yang paling
padat penduduknya (setelah China) dan negara demokrasi terbesar di dunia.
Berbentuk kasar seperti segitiga terbalik, India membentang dari pegunungan
Himalaya yang tinggi di utara hingga ke negara pulau Sri Lanka di selatan. Selama
berabad-abad, banyak bangsa yang berbeda menginvasi India dan menguasai sumber
daya alamnya yang luas. Bangsa asing terakhir yang memerintah India adalah
Inggris. Pemerintahan mereka, yang dikenal sebagai Raj, berlangsung lebih dari
150 tahun.
India menjadi bangsa modern yang merdeka di
tahun 1947, setelah Perang Dunia II. Pada tahun itu, Inggris menarik diri dari
benua setelah membagi sebagian besar wilayah menjadi dua negara, India dan
PakistanKemerdekaan yang telah kita miliki harus dijaga dan dipertahankan, jika
kita tidak ingin direbut kembali. Sebab, meskipun bangsa Indonesia telah
merdeka, bukan berarti terlepas dari segala bentuk ancaman, tantangan, hambatan
dan gangguan. Oleh karena itu, sebagai
warganegara harus menjaga keutuhan bangsa dan membela negara dari masalah
apapun. Usaha bela negara dapat dilaksanakan dalam berbagai bidang dan bentuk.
Bukan hanya dalam ancaman fisik, tetapi juga nonfisik. Bukan hanya terhadap
ancaman militer, tetapi juga ancaman nonmiliter.
1.2.Rumusan
Masalah
·
Bagaimana upaya bela negara india?
1.3.Tujuan
·
Agar
kita mengetahui Bagaimana upaya bela
negara india
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Bela Negara
2.1.1 Pengertian Bela Negara
Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga Negara yang teratur,
menyeluruh, terpadu dan berlanjut yang dilandasi oleh kecintaan pada tanah air,
kesadaran berbangsa dan bernegara serta keyakinan akan pancasila sebagai
ideologi Negara guna menghadapi ancaman baik yang berasal dari luar maupun dari
dalam negeri yang membahayakan dan mengancam kedaulatan baik kedaulatan di
bidang Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Pertahanan dan Keamanan
Negara. Memperkuat Pertahanan Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga
negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara ndia merupakan negara republic
yang Pernah mengalami penjajahan Inggris
selama lebih dari 300 tahun. Pada tanggal 15 Agustus 1947 India mendapatkan
kemerdekaannya dari Inggris, tetapi baru tanggal 26 Januari 1950 resmi menjadi
negara republik berdaulat penuh..
· Unsur Dasar Bela Negara :
1.
Cinta Tanah Air
2.
Kesadaran Berbangsa & bernegara
3.
Yakin akan Pancasila sebagai ideologiI negara
4.
Rela berkorban untuk bangsa & negara
5.
Memiliki kemampuan awal Bela Negara
2.1.2 Peran Pendidikan Bela Negara
a.Kebijakan Pendidikan di India
India memilih komitmen untuk menyebarluaskan pengetahuan dan kebebasan berfikir
di kalangan penduduk yang direfleksikan pada kebijakan dalam undang-undangnya,
yaitu pasal 45 dinyatakan bahwa Negara berupaya menyediakan pendidikan secara
gratis selama 10 tahun, dan bagi anak-anak hingga mereka berusia 14 tahun.
Sedangkan pasal 29 ayat 1 menyatakan bahwa warga Negara yang memiliki ragam Bahasa
dan tulisan mendapatkan perlakuan khusus dalam bidang ekonomi
Sejak 1976, pemerintah pusat telah menetapkan untuk bertanggung
jawab dalam pembiayaan serta mengatur pendidikan dasar hingga menengah, dan
mengadakan koordinasi dengan program pendidikan tinggi. Pemerintah juga
memberikan kesempatan yang sama dalam pendidikan umum.
b.Sistem Pendidikan di India
Pendidikan di India saat ini menggunakan pola dan substansi yang
di adobsi dari Negara barat, dimana pertama kali di perkenalkan oleh Negara Inggris
pada abad ke-19. Komisi pendidikan India telah menetapkan kebijakan sistem
pendidikan 10-2-3 untuk usia sekolah, . Tingkat awal 10 tahun terbagi dalam 3
jenjang, yaitu primary(5 tahun), upper primary (3 tahun), dan secondary (2
tahun).
Bila
dijabarkan dalam tingkat usia sekolah akan tampak sebagai berikut :
a. tingkat dasar (primary stage) yang
meliputi kelas I sampai V yakni 5 tahun masa belajar. Ini dilaksanakan di 20
negara bagian dan teritoria india.
b. pendidikan tingkat menengah (middle
stage) meliputi kelas VI sampai VIII diselenggarakan di 18 negara bagian dan
teritoria india.
c. pendidikan menengah atas (secondary
stage) meliputi kelas IX sampai X. Kelas ini di selenggarakan di 19 negara
bagian dan territorial india.
Struktur pendidikan sekolah yang seragam tersebut
telah di adobsi oleh seluruh Negara bagian dan teritori India. Walaupun
demikian, dilingkungan dan teritori India masih dijumpai sejumlah kelas yang
menyelenggarakan pendidikan dasar (primary), menengah (upper primary), dan
(high and higher secondary school).
c. Ciri dan tujuan pendidikan di India
Ciri-ciri pendidikan di India adalah :
a.
Pengajaran agama di nomor satukan.
b.
Pendidikan diselenggarakan oleh kasta Brahmana.
c.
Tujuan pendidikan; mencapai kebahagian abadi (Nirwana).
Sedangkan tujuan pendidikan di India antara lain
:
1.
Untuk memberantas penyakit buta huruf
2.
Meningkatkan mobilitas dan integrasi sosial
3.
Untuk memajukan/ mengembangkan ilmu dan teknologi
4.
Untuk meningkatkan perkembangan ekonomi
5.
Untuk memperbaiki kondisi sosial masyaraka
- See more at:
http://www.kuberbagi17.com/2015/02/sistem-pendidikan-di-india.html#sthash.2pgp5H88.dpuf
2.2 Pertahanan Negara
Pertahanan negara disebut juga pertahanan nasional
adalah segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah
sebuah negara dan keselamatan segenap bangsa dari
ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.
2.2.1 Hakikat Pertahanan Negara
Hakikat pertahanan negara
adalah segala upaya pertahanan bersifat semesta yang penyelenggaraannya
didasarkan pada kesadaran atas hak dan kewajiban warga negara serta keyakinan
pada kekuatan sendiri. Pertahanan negara dilakukan oleh pemerintah dan
dipersiapkan secara dini dengan sistem pertahanan negara.Dalam bahasa militer,
pertahanan adalah cara-cara untuk menjamin perlindungan dari satu unit yang
sensitif dan jika sumber daya ini jelas, misalnya tentang cara-cara membela
diri sesuai dengan spesialisasi mereka, pertahanan udara (sebelumnya pertahanan terhadap
pesawat: DCA), pertahanan rudal, dll. Tindakan, taktik, operasi atau strategi pertahanan adalah untuk menentang/membalas
serangan.
2.2.2 Jenis Pertahanan Negara
· Pertahanan militer untuk menghadapi ancaman
militer, dan
· Pertahanan nonmiliter/nirmiliter untuk menghadapi
ancaman nonmiliter/nirmiliter.
2.2.3
Jenis Ancaman Negara
1. Ancaman Militer
Pertahanan negara dibangun untuk
menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah serta keselamatan segenap bangsa
dari segala bentukan caman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara,
baik ancaman militer maupun non-militer. Yang dimaksud dengan ancamanmiliter
adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisir yang
dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah
negara, dan keselamatan segenapbangsa.
Ancaman militer dapat berupa agresi,
pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, sabotase, spionase, aksi teror
bersenjata,ancaman keamanan laut dan udara, serta konflik komunal.
2. Ancaman Non militer
Ancaman non-militer pada hakikatnya
adalah ancaman yang menggunakan faktor-faktor non-militer yang dinilai
mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah
negara, dan keselamatan segenap bangsa. Jenis ancaman non militer dibagi
menjadi dua. Pertama adalah ancaman yang berkaitan langsung dengan
pertahanan negara, misalnya kesengajaan penyebaran penyakit sebagai bagian dari
perang biologi. Kedua adalam ancaman non militer yang tidak berkaitan
langsung dengan pertahanan negara, misalnya penyebaran penyakit secara alamiah,
baik epidemik maupun pendemik.Sifat ancaman non-militer harus dihadapi pulan
dengan pendekatan non-militer,
2.3 Keamanan Negara india
Keamanan nasional
menunjuk ke kebijakan publik untuk memastikan keselamatan dan
keamanan negara melalui penggunaan kuasa ekonomi
dan militer dan penjalanan diplomasi,
baik dalam damai dan perang.
Secara prinsip, konsep tersebut dikembangkan di Amerika Serikat setelah Perang
Dunia Kedua.
Untuk mewujudkan kemanana nasional,
sebuah negara harus mempunyai keamanan ekonomi, energi, lingkungan, dan
lain-lain. Ancaman keamanan tidak hanya datang dari musuh tradisional seperti
negara lain, melainkan juga datang dari orang atau organisasi di luar sistem
diplomatik sekarang ini seperti bandar narkoba, perusahaan multinasional, dan
lembaga swadaya masyarakat yang berlainan dengan pemerintah.
Cara yang diambil untuk memastikan
keamanan nasional termasuk:
· memastikan pemulihan cepat dan
perbanyakan infrastruktur kritikal
· menggunakan jasa inteligen untuk mendeteksi dan mengalahkan
atau mencegah ancaman dan espionase, dan melindungi informasi rahasia
· menjaga budaya nasional yang tidak
dikenal atau antinasionalisme, terutama di ruang hiburan utama.
Untuk menjaga keamanan india memutuskan untuk bergabung dengan
blok keamanan yang dipimpin oleh China dan Rusia. Saat india telah
melenkapi persyaratan menjadi anggota SCO
India dilaporkan akan terlebih dahulu diterima oleh SCO menjadi anggota,
karena sudah mendapat persetujuan dari negara anggota SCO lainnya. SCO
Organisasi yang bermarkas di Beijing, China ini awalnya bernama Shanghai Five
yang beranggotakan China, Kazakhstan, Rusia, Kirgiztan, dan Tajikistan. Setelah
bergabungnya Uzbekistan pada 2011 mereka memutuskan untuk berganti nama.
Kerjasama yang dilakukan organisasi ini mencakup bidang politik, ekonomi, dan
militer
2.4.Pertahanan Negara India
India membeli kapal
kapal selam baru dan kapal siluman
Setelah
bertahun-tahun diabaikan, India sedang mencoba untuk mempersempit kesenjangan
militernya dengan China, yang baru-baru ini membangun armada kapal dan kapal
selam yang bisa melakukan serangan tiba-tiba di Samudera Hindia.Menteri
Keuangan India Arun Jaitley, yang menyampaikan anggaran federal untuk tahun
2015/2016, mengatakan, anggaran pertahanan akan meningkat menjadi 2,47 triliun
rupee India (atau sekitar US$ 40 miliar). Untuk tahun fiskal saat ini, alokasi
yang sebesar 2,29 triliun rupee itu naik 12 persen dibanding tahun sebelumnya.
"Mempertahankan setiap jengkal tanah kami adalah di atas segalanya,"
kata Jaitley.
Namun
kenaikan terbatas dalam anggaran militer itu berarti hanya beberapa senjata
baru yang akan dipesan tahun ini. Sebanyak tiga perempat anggaran itu akan
dipakai untuk pemeliharan angkatan bersenjata terbesar ketiga di dunia ini. Dia
mendaftar sejumlah peralatan yang akan dipesan itu antara lain 126 pesawat
tempur dari Dassault, 197 helikopter ringan, 145 howitzer Ultra-ringan, 15
helikopter serbu Apache dan helikopter pengangkut 22 CH-47F Chinook. Angkatan laut India juga membutuhkan
kapal selam baru dan kapal siluman untuk melawan kehadiran Cina di Samudera
Hindia.
Cina
diperkirakan akan mengotorisasi penguatan pengeluaran pertahanan 2015 pada
pekan mendatang meskipun ekonominya melambat, terutama untuk memperkuat
angkatan laut dengan kapal anti-kapal selam dan mengembangkan kapal induk di
luar satu-satunya kapal yang kini beroperasi.
BAB III
PENUTUP
3.1.KESIMPULAN
Bela Negara adalah sebuah konsep
yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang
patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara
dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut. Secara militer
maupun non militer.untuk menjaga keamanan Negara pemerintah india membeli
beberapa peralatan militer yang canggih dari china
Untuk menangkis apabila ada serangan
dari Negara luar.
Artikel Terkait
+ komentar + 1 komentar
Lagi mencari promo judi pulsa online tanpa potongan ???
Ada nih kawan
mari join bersama kami di Pokervita
GRATIS
Info hub
WA:0812 2222 996
Posting Komentar